MAHARANI, SUCI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART BOX UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI 065006 BELAWAN TA. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203111035_Cover.pdf
Download (42kB)
1203111035_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (421kB)
1203111035_Abstrak.pdf
Download (126kB)
1203111035_Kata_Pengantar.pdf
Download (229kB)
1203111035_Daftar_Isi.pdf
Download (102kB)
1203111035_Daftar_Tabel.pdf
Download (119kB)
1203111035_Daftar_Gambar.pdf
Download (117kB)
1203111035_Daftar_Lampiran.pdf
Download (56kB)
1203111035_BAB_I.pdf
Download (261kB)
1203111035_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (974kB)
1203111035_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (601kB)
1203111035_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203111035_BAB_V.pdf
Download (151kB)
1203111035_Daftar_Pustaka.pdf
Download (184kB)
1203111035_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran smart box yang valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran membaca permulaan siswa kelas I Sekolah Dasar. Hal ini berlandaskan dari permasalahan yang telah diperoleh dari hasil observasi dan wawancara awal yang telah dilakukan sebelumnya. Penlitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang tersidiri dari lima tahapan, yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas dan siswa kelas I SD Negeri 065006 Belawan. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah media pembelajaran smart box untuk pembelajaran membaca permulaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, kuisioner, tes, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara guru, angket validasi materi dan desain media, angket praktisi pendidikan, serta soal pretest dan posttest. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil validasi oleh validator ahli materi memperoleh hasil presentase rata-rata 87,5 % dengan kategori “Sangat Layak”, sedangkan hasil validasi oleh validator ahli desain media memperoleh presentase rata-rata 93% dengan kategori “Sangat Layak”. Uji praktikalitas melalui angket respon guru memperoleh hasil presentase 93% dengan kategori “Sangat Praktis”. Uji keefektifan media dapat diketahui setelah menggunakan media yang dikembangkan, nilai rata-rata siswa meningkat dari semula nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan media yaitu 63,75 dengan kategori “Tidak Tuntas” meningkat menjadi 86,25 dengan kategori “Tuntas” setelah menggunakan media.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran, Smart Box, Membaca Permulaan, Sekolah Dasar. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 28 May 2025 03:16 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 08:40 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61359 |
