PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART BOX UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI 065006 BELAWAN TA. 2023/2024

MAHARANI, SUCI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART BOX UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI 065006 BELAWAN TA. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111035_Cover.pdf] Text
1203111035_Cover.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 1203111035_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111035_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of 1203111035_Abstrak.pdf] Text
1203111035_Abstrak.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 1203111035_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111035_Kata_Pengantar.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 1203111035_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111035_Daftar_Isi.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 1203111035_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111035_Daftar_Gambar.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 1203111035_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111035_Daftar_Tabel.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 1203111035_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111035_Daftar_Lampiran.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 1203111035_BAB_I.pdf] Text
1203111035_BAB_I.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 1203111035_BAB_V.pdf] Text
1203111035_BAB_V.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 1203111035_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111035_Daftar_Pustaka.pdf

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran smart box yang valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran membaca permulaan siswa kelas I Sekolah Dasar. Hal ini berlandaskan dari permasalahan yang telah diperoleh dari hasil observasi dan wawancara awal yang telah dilakukan sebelumnya. Penlitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang tersidiri dari lima tahapan, yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas dan siswa kelas I SD Negeri 065006 Belawan. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah media pembelajaran smart box untuk pembelajaran membaca permulaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, kuisioner, tes, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara guru, angket validasi materi dan desain media, angket praktisi pendidikan, serta soal pretest dan posttest. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil validasi oleh validator ahli materi memperoleh hasil presentase rata-rata 87,5 % dengan kategori “Sangat Layak”, sedangkan hasil validasi oleh validator ahli desain media memperoleh presentase rata-rata 93% dengan kategori “Sangat Layak”. Uji praktikalitas melalui angket respon guru memperoleh hasil presentase 93% dengan kategori “Sangat Praktis”. Uji keefektifan media dapat diketahui setelah menggunakan media yang dikembangkan, nilai rata-rata siswa meningkat dari semula nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan media yaitu 63,75 dengan kategori “Tidak Tuntas” meningkat menjadi 86,25 dengan kategori “Tuntas” setelah menggunakan media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran, Smart Box, Membaca Permulaan, Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 28 May 2025 03:16
Last Modified: 28 May 2025 03:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61359

Actions (login required)

View Item
View Item