PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS AUGMENTED REALITY BERBANTUAN UNITY 3D UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

HIDAYAH, SITI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS AUGMENTED REALITY BERBANTUAN UNITY 3D UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111152_Cover.pdf] Text
1203111152_Cover.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 1203111152_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111152_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 1203111152_Abstrak.pdf] Text
1203111152_Abstrak.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 1203111152_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111152_Kata_Pengantar.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 1203111152_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111152_Daftar_Isi.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 1203111152_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111152_Daftar_Gambar.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 1203111152_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111152_Daftar_Tabel.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 1203111152_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111152_Daftar_Lampiran.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 1203111152_BAB_I.pdf] Text
1203111152_BAB_I.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of 1203111152_BAB_V.pdf] Text
1203111152_BAB_V.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 1203111152_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111152_Daftar_Pustaka.pdf

Download (352kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis
Augmented Reality berbantuan Unity 3D materi bangun ruang sisi datar yaitu kubus
dan balok kelas V SDN 11 Rantau Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan dengan model pengambangan ADDIE yang terdiri dari Analysis,
Design, Development, Implemantation, dan Evaluation. Tahapan Analysis yaitu
analisis kebutuan, analisis peserta didik, dan analisis materi. Tahapan Design yaitu
mendesain media pembelajaran menggunakan aplikasi Unity 3D. Tahapan
Development yaitu mengembangkan media dan melakukan validasi kepada
validator materi dan media. Tahapan Implementation yaitu melakukan uji coba
media untuk mendapatkan nilai kepraktisan dan keefektifan media. Tahapan
Evaluation yaitu melakukan refleksi terhadap uji media dalam kegiatan
pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,
observasi, angket, dan tes. Hasil dari penilain validasi ahli media, ahli materi, dan
ahli praktikalitas diperoleh 89%, 92%, dan 94% dengan kualifikasi sangat layak dan
sangat praktis. Berdasarkan perhitungan ketuntasan kelas diperoleh persentase
keefektifan media pembelajaran yaitu sebesar 85% yang dikategorikan sangat
efektif dan keefektifan media berdasarkan perhitungan N Gain diperoleh nilai 66 %
dikategorikan efektif. Disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini
menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran Matematika berbasis
Augmented Reality berbantuan Unity 3D layak, praktis, dan efektif untuk
digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: augmented reality, unity 3d, bangun ruang
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 12 Jun 2025 02:19
Last Modified: 12 Jun 2025 02:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61345

Actions (login required)

View Item
View Item