MONALISA, SINTA (2024) PENGARUH MODEL MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 SUBTEMA 2 KELAS V SD NEGERI 060857 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203111106_Cover.pdf
Download (232kB)
1203111106_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1203111106_Abstrak.pdf
Download (363kB)
1203111106_Kata_Pengantar.pdf
Download (249kB)
1203111106_Daftar_Isi.pdf
Download (299kB)
1203111106_Daftar_Tabel.pdf
Download (244kB)
1203111106_Daftar_Gambar.pdf
Download (243kB)
1203111106_Daftar_Lampiran.pdf
Download (244kB)
1203111106_BAB_I.pdf
Download (497kB)
1203111106_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (778kB)
1203111106_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (950kB)
1203111106_BAB_IV.pdf
Download (686kB)
1203111106_BAB_V.pdf
Download (272kB)
1203111106_Daftar_Pustaka.pdf
Download (274kB)
1203111106_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model make a match terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 2 kelas V SD Negeri 060857 Medan T.A 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060857 Medan. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperiment one group pretest-posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh yaitu kelas V sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes/evaluasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh model make a match di kelas V SD Negeri 060857 Medan. Berdasarkan tes hasil pre-test diperoleh rata-rata 48,5 dan varian 248,53 dengan skor tertinggi 75 dan terendah 25 sedangkan hasil post-test diperoleh rata-rata 82,33 dan varian 92,64 dengan skor tertinggi 95 dan skor terendah 60. Dari hasil pengujian hipotesis terdapat thitung yaitu 5,3801 dengan ttabel 1,699 dapat dilihat thitung > ttabel yaitu 5,3801 > 1,699 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil dari analisis data dan uji statistik serta pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh penggunaan model make a match terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 2 kelas V SD Negeri 060857 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Make A Match, Hasil Belajar, Pre-eksperiment one group |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 12 Jun 2025 02:30 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 08:10 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61341 |
