Sitompul, Retina Hayati Meilani (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI SPARKOL VIDEO SCRIBE PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM KELAS XI DI SMA SWASTA PARULIAN I MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
3203331004_Cover.pdf
Download (46kB)
3203331004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (229kB)
3203331004_Abstrak.pdf
Download (37kB)
3203331004_Kata_Pengantar.pdf
Download (128kB)
3203331004_Daftar_Isi.pdf
Download (188kB)
3203331004_Daftar_Gambar.pdf
Download (98kB)
3203331004_Daftar_Tabel.pdf
Download (98kB)
3203331004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (97kB)
3203331004_BAB_I.pdf
Download (166kB)
3203331004_BAB_II.pdf
Download (964kB)
3203331004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (422kB)
3203331004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (478kB)
3203331004_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (700kB)
3203331004_BAB_VI.pdf
Download (59kB)
3203331004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (180kB)
3203331004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media video pembelajaran dengan aplikasi Sparkol Video Scribe materi mitigasi bencana alam, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran sparkol video scribe pada materi mitigasi bencana alam, dan (3) mengetahui respon peserta didik terkait dengan media pembelajaran sparkol video scribe pada materi mitigasi bencana alam.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Parulian 1 Medan, Medan Kota. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas XI IPS yang berjumlah 32 orang, Objek pada penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran berbasis sparkol video scribe, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar penilaian dan angket,teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran yang dirancang dengan sparkol video scribe menghasilkan 2 video pembelajaran yang memiliki tema (a) bencana alam dan jenis-jenis bencana alam durasi 4 menit, dan (b) siklus, tujuan, dan penanggulangan bencana alam durasi 5 menit, (2) validasi kelayakan media pembelajaran mendapatkan hasil sebesar 4,90 dengan kriteria sangat layak, dan validasi materi pembelajaran mendapatkan hasil sebesar 4,08 kriteria layak, dan (3) respon peserta didik terhadap media pembelajaran pada materi mitigasi bencana alam dengan uji coba kelompok besar memperoleh hasil sebesar 4,29 dengan kriteria akseptansi sangat tinggi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran, Sparkol Video Scribe, Mitigasi Bencana Alam |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
| Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
| Date Deposited: | 23 Jun 2025 07:17 |
| Last Modified: | 23 Jun 2025 07:17 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61312 |
