PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI UPT SD NEGERI 067690 MEDAN T. A. 2023/2024

MAULIDA, SALWA NAZIRA (2024) PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI UPT SD NEGERI 067690 MEDAN T. A. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111044_Cover.pdf] Text
1203111044_Cover.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1203111044_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111044_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111044_Abstrak.pdf] Text
1203111044_Abstrak.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 1203111044_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111044_Kata_Pengantar.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 1203111044_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111044_Daftar_Isi.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 1203111044_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111044_Daftar_Gambar.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 1203111044_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111044_Daftar_Tabel.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 1203111044_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111044_Daftar_Lampiran.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 1203111044_BAB_I.pdf] Text
1203111044_BAB_I.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 1203111044_BAB_V.pdf] Text
1203111044_BAB_V.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 1203111044_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111044_Daftar_Pustaka.pdf

Download (379kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 telah memberikan tantangan besar pada sektor pendidikan di Indonesia, menyebabkan ketertinggalan pembelajaran yang signifikan di berbagai jenjang pendidikan. Dalam menanggapi situasi ini, pemerintah mengembangkan dan mulai menerapkan Kurikulum Merdeka di berbagai sekolah, termasuk di UPT SD Negeri 067690 Medan, sebagai pengganti Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam persepsi guru terhadap Kurikulum Merdeka serta hambatan-hambatan yang mereka hadapi dalam implementasinya. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dengan guru-guru dan analisis dokumentasi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru memiliki persepsi yang positif terhadap prinsip-prinsip dan tujuan Kurikulum Merdeka, namun mereka menghadapi berbagai hambatan dalam penerapannya, seperti keterbatasan dalam teknologi informasi, kesulitan dalam pengelolaan waktu, dan variasi kemampuan belajar siswa yang luas. Hambatan-hambatan ini menuntut adanya pelatihan berkelanjutan bagi guru serta dukungan infrastruktur yang memadai untuk menunjang proses pembelajaran. Kesimpulannya, meskipun Kurikulum Merdeka diterima dengan baik oleh para guru, diperlukan strategi yang adaptif dan dukungan yang berkelanjutan untuk mengatasi berbagai hambatan tersebut dan memastikan keberhasilan implementasi kurikulum ini di lapangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kurikulum Merdeka, persepsi guru, hambatan implementasi, pendidikan, teknologi informasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 12 Jun 2025 02:58
Last Modified: 12 Jun 2025 02:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61311

Actions (login required)

View Item
View Item