PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 105385 KOTASAN

HARAHAP, SALSABILAH (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 105385 KOTASAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311013_Cover.pdf] Text
1203311013_Cover.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 1203311013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (554kB)
[thumbnail of 1203311013_Abstrak.pdf] Text
1203311013_Abstrak.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 1203311013_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311013_Kata_Pengantar.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of 1203311013_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311013_Daftar_Isi.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 1203311013_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311013_Daftar_Gambar.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 1203311013_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311013_Daftar_Tabel.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 1203311013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 1203311013_BAB_I.pdf] Text
1203311013_BAB_I.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of 1203311013_BAB_V.pdf] Text
1203311013_BAB_V.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 1203311013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (153kB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah belum mampunya guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, selain itu guru mengalami kesulitan untuk memperoleh bahan-bahan dalam membuat LKPD untuk digunakannya dalam pembelajaran. Selain itu pula guru masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional. Hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui validitas E-LKPD, mengetahui kepraktisan E-LKPD dan mengetahui efektivitas E-LKPD yang dikembangkan pada pembelajaran IPAS materi bagaimana mendapatkan semua keperluan kita? pada topik ‘’aku dan kebutuhanku’’. Jenis penelitian merupakan penlitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdapat 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil dari validasi materi oleh ahli materi terhadap E-LKPD berbasis liveworksheet diperoleh skor dengan persentase 97,5 % dengan kriteria ‘’Sangat Layak’’. Hasil validasi oleh ahli desain diperoleh skor dengan persentase 94% dengan kriteria ‘’Sangat Layak’’. Hasil penilaian oleh praktisi pendidikan diperoleh skor dengan persentase 96,6% dengan kriteria ‘’Sangat Praktis’’. Berdasarkan evaluasi ditemukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, dimana dengan rata-rata pre test yaitu 59,5 sementara rata-rata post test yaitu 89,48. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan E-LKPD berbasis liveworksheet pada materi bagaimana mendapatkan semua keperluan kita? topik ‘’aku dan kebutuhanku’’ efektif digunakan. Hal ini terbukti dari perolehan rata-rata skor 81,27% dengan kategori ‘’Efektif’’.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penelitian dan Pengembangan, Pembelajaran IPAS, Pengembangan E-LKPD, Liveworksheet
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 12 Jun 2025 07:23
Last Modified: 12 Jun 2025 07:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61307

Actions (login required)

View Item
View Item