ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA SD NEGERI 064037 MEDAN TEMBUNG

NUHA, SAFANA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA SD NEGERI 064037 MEDAN TEMBUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1201111004_Cover.pdf] Text
1201111004_Cover.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 1201111004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1201111004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (658kB)
[thumbnail of 1201111004_Abstrak.pdf] Text
1201111004_Abstrak.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 1201111004_Kata_Pengantar.pdf] Text
1201111004_Kata_Pengantar.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 1201111004_Daftar_Isi.pdf] Text
1201111004_Daftar_Isi.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 1201111004_Daftar_Gambar.pdf] Text
1201111004_Daftar_Gambar.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 1201111004_Daftar_Tabel.pdf] Text
1201111004_Daftar_Tabel.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 1201111004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1201111004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 1201111004_BAB_V.pdf] Text
1201111004_BAB_V.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 1201111004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1201111004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains siswa kelas V pada pembelajaran IPA pada materi kalor dan perpindahannya di SD Negeri 064037 Medan Tembung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 064037 Medan Tembung yang berjumlah 47 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data kemampuan literasi sains peserta didik diperoleh dari hasil tes berupa lembar tes kemampuan literasi sains. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan literasi sains siswa kelas Va dan Vb SD Negeri 064037 Medan Tembung masih tergolong “cukup baik” dengan rata-rata persentase yang diperoleh Pada tahap observasi pada persentase sebesar 54% dan pada tahap tes sebesar 57%. Kemampuan literasi sains peserta didik pada indikator menjelaskan fenomena sains pada tahap observasi memperoleh nilai persentase sebesar 58% dengan kategori cukup baik, dan pada tahap tes memperoleh nilai presentase sebesar 59 % dengan kategori cukup baik. Kemampuan literasi sains peserta didik pada indikator menlai dan merencanakan penyelidikan pada tahap observasi dan tes sebesar 37% dengan kategori tidak baik. dan Kemampuan literasi sains peserta didik pada indikator menginterpestasikan data membuktikannya secara ilmiah pada tahap observasi memperoleh nilai persentase sebesar 66% dengan kategori baik dan pada tahap tes sebesar 75% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Literasi sains, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 12 Jun 2025 07:26
Last Modified: 12 Jun 2025 07:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61300

Actions (login required)

View Item
View Item