AMELIA, SABELA (2024) PENGEMBANGAN E MODULE INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE 2 APK BUILDER DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PEMBAGIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD IT PERMATA FIRDAUS. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203111105_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111105_Cover.pdf
Download (169kB)
![[thumbnail of 1203111105_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111105_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203111105_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111105_Abstrak.pdf
Download (251kB)
![[thumbnail of 1203111105_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111105_Kata_Pengantar.pdf
Download (536kB)
![[thumbnail of 1203111105_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111105_Daftar_Isi.pdf
Download (354kB)
![[thumbnail of 1203111105_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111105_Daftar_Gambar.pdf
Download (271kB)
![[thumbnail of 1203111105_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111105_Daftar_Tabel.pdf
Download (178kB)
![[thumbnail of 1203111105_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111105_Daftar_Lampiran.pdf
Download (246kB)
![[thumbnail of 1203111105_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111105_BAB_I.pdf
Download (490kB)
![[thumbnail of 1203111105_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111105_BAB_V.pdf
Download (302kB)
![[thumbnail of 1203111105_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111105_Daftar_Pustaka.pdf
Download (302kB)
Abstract
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan E Module interaktif berbasis website 2 Apk builder yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan tersebut diangkat dan dikembangkan dari permasalahan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi pembagian bilangan cacah, siswa kesulitan dalam memahami materi dikarenakan model pembelajaran bersifat konvensional, kurangnya pemanfaatan teknologi dan bahan ajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4- D yang terdiri dari 4 tahapan yakni design, define, development dan disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas IV. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan metode pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, skala validasi dan tes. Hasil penelitian memperoleh persentase skor materi 92% (Sangat Layak), dan memperoleh persentase skor desain dan teknologi 84% (Sangat Layak). Selanjutnya persentase skor kepraktisan 90% (Sangat Praktis) serta memperoleh skor keefektivan dengan nilai rata -rata 58, 81 (Cukup Efektif). Dan setelah menggunakan E Module interaktif berbasis website 2 Apk builder perolehan rata -rata ketuntasan nilai post – test adalah sebesar 80%. Berdasarkan penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa E Module interaktif berbasis Website 2 Apk Builder dengan Model Problem Based Learning pada materi pembagian bilangan cacah sangat layak, sangat praktis digunakan dalam pembelajaran dan cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Abu Dzaar di SD IT Permata Firdaus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan E Module Interaktif, Website 2 APK Builder, Problem Based Learning, Pembagian Bilangan Cacah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 07:27 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61299 |