Sihombing, Monika Laura (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KEGIATAN PRAKTIKUM FISIKA SMA MATERI ELASTISITAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203121065_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121065_Cover.pdf
Download (27kB)
![[thumbnail of 4203121065_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121065_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (318kB)
![[thumbnail of 4203121065_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121065_Abstrak.pdf
Download (52kB)
![[thumbnail of 4203121065_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121065_Kata_Pengantar.pdf
Download (165kB)
![[thumbnail of 4203121065_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121065_Daftar_Isi.pdf
Download (66kB)
![[thumbnail of 4203121065_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121065_Daftar_Gambar.pdf
Download (50kB)
![[thumbnail of 4203121065_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121065_Daftar_Tabel.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of 4203121065_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121065_Daftar_Lampiran.pdf
Download (52kB)
![[thumbnail of 4203121065_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121065_BAB_I.pdf
Download (192kB)
![[thumbnail of 4203121065_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121065_BAB_V.pdf
Download (50kB)
![[thumbnail of 4203121065_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121065_Daftar_Pustaka.pdf
Download (182kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan instrumen penilaian Keterampilan Proses Sains (KPS) serta kelayakan instrumen yang telah dikembangkan, dengan fokus pada validitas dan reliabilitas dan juga mengetahui tingkat KPS siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model 4D, yang dimodifikasi menjadi tiga tahap: pendefinisian, perancangan, dan pengembangan, karena tahap penyebaran tidak dibutuhkan dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, di mana sampel dipilih berdasarkan kriteria tertentu yang relevan dengan tujuan penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, dan lembar kerja peserta didik. Instrumen penelitian berbentuk non-tes, yaitu lembar penilaian keterampilan proses sains, yang divalidasi oleh validator sebelum diuji coba pada peserta didik. Hasil analisis validitas menunjukkan bahwa instrumen ini memiliki skor validitas yang valid, dengan rata-rata 0,77. Skor ini menunjukkan bahwa instrumen tersebut mampu mengukur apa yang seharusnya diukur. Uji reliabilitas menunjukkan tingkat kesepakatan 94%, yang menunjukkan bahwa instrumen ini reliabel dan konsisten dalam pengukurannya. Penilaian keterampilan siswa per indikator menunjukkan rata-rata 81% dengan kategori baik, yang menunjukkan bahwa siswa secara umum memiliki keterampilan proses sains yang baik. Analisis hasil kelompok menunjukkan bahwa kelompok 4 memperoleh skor tertinggi 83%, sedangkan kelompok 1 memperoleh skor terendah 77%. Perbedaan ini menunjukkan variasi keterampilan proses sains antar kelompok, namun secara keseluruhan menunjukkan efektivitas instrumen dalam menilai keterampilan proses sains siswa. Dengan demikian, instrumen yang dikembangkan dalam penelitian ini terbukti valid dan reliabel, serta efektif dalam menilai keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan instrumen penilaian keterampilan proses sains di masa mendatang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Fisika, Indikator, Keteramplan Proses Sains, Elastisitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 07:32 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 07:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61276 |