PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KEGIATAN PRAKTIKUM FISIKA SMA MATERI ELASTISITAS

Sihombing, Monika Laura (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KEGIATAN PRAKTIKUM FISIKA SMA MATERI ELASTISITAS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203121065_Cover.pdf] Text
4203121065_Cover.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of 4203121065_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203121065_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 4203121065_Abstrak.pdf] Text
4203121065_Abstrak.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 4203121065_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203121065_Kata_Pengantar.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 4203121065_Daftar_Isi.pdf] Text
4203121065_Daftar_Isi.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 4203121065_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203121065_Daftar_Gambar.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 4203121065_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203121065_Daftar_Tabel.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 4203121065_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203121065_Daftar_Lampiran.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 4203121065_BAB_I.pdf] Text
4203121065_BAB_I.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4203121065_BAB_V.pdf] Text
4203121065_BAB_V.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 4203121065_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203121065_Daftar_Pustaka.pdf

Download (182kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan instrumen penilaian Keterampilan Proses Sains (KPS) serta kelayakan instrumen yang telah dikembangkan, dengan fokus pada validitas dan reliabilitas dan juga mengetahui tingkat KPS siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model 4D, yang dimodifikasi menjadi tiga tahap: pendefinisian, perancangan, dan pengembangan, karena tahap penyebaran tidak dibutuhkan dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, di mana sampel dipilih berdasarkan kriteria tertentu yang relevan dengan tujuan penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, dan lembar kerja peserta didik. Instrumen penelitian berbentuk non-tes, yaitu lembar penilaian keterampilan proses sains, yang divalidasi oleh validator sebelum diuji coba pada peserta didik. Hasil analisis validitas menunjukkan bahwa instrumen ini memiliki skor validitas yang valid, dengan rata-rata 0,77. Skor ini menunjukkan bahwa instrumen tersebut mampu mengukur apa yang seharusnya diukur. Uji reliabilitas menunjukkan tingkat kesepakatan 94%, yang menunjukkan bahwa instrumen ini reliabel dan konsisten dalam pengukurannya. Penilaian keterampilan siswa per indikator menunjukkan rata-rata 81% dengan kategori baik, yang menunjukkan bahwa siswa secara umum memiliki keterampilan proses sains yang baik. Analisis hasil kelompok menunjukkan bahwa kelompok 4 memperoleh skor tertinggi 83%, sedangkan kelompok 1 memperoleh skor terendah 77%. Perbedaan ini menunjukkan variasi keterampilan proses sains antar kelompok, namun secara keseluruhan menunjukkan efektivitas instrumen dalam menilai keterampilan proses sains siswa. Dengan demikian, instrumen yang dikembangkan dalam penelitian ini terbukti valid dan reliabel, serta efektif dalam menilai keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan instrumen penilaian keterampilan proses sains di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Fisika, Indikator, Keteramplan Proses Sains, Elastisitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Mar 2025 07:32
Last Modified: 17 Mar 2025 07:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61276

Actions (login required)

View Item
View Item