Ritonga, Solahuddin Asri (2016) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM KONSEP DIRI SISWA DI SMP NEGERI 1 AIR JOMAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1113151039 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM 1113151039 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (771kB) | Preview
3. NIM 1113151039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. NIM 1113151039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
5. NIM 1113151039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
6. NIM 1113151039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM 1113151039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 1113151039 BAB I.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
12 .NIM 1113151039 BAB V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
13. NIM 1113151039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah bimbingan kelompok teknik homeroom berpengaruh terhadap konsep diri siswa di SMP Negeri 1 Air Joman. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan konsep diri siswa SMP Negeri 1 Air Joman.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-1 di SMP Negeri 1 Air Joman yang berjumlah 34 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket konsep diri sebanyak 25 butir item (valid) yang terlebih dahulu diujicobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid dan reliabel.
.
Hasil peneltian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok teknik homeroom berpengaruh terhadap konsep diri siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Air Joman Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini tergambar dengan hasil Uji Wilcoxon yang dilakukan dengan hasil diperoleh Jhitung = 0, Dengan α = 0,05 dan n=34, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 0. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung sama dengan Jtabel, maka Hipotesis Ho ditolak hal ini diperkuat dengan persamaan rumus Z. Karena nilai z hitung adalah -5,086 dan itu lebih kecil dari nilai z tabel yaitu -1,96. Maka hipotesis ditolak artinya ada perbedaan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Sehingga, konsep diri siswa meningkat sesudah mengikuti bimbingan kelompok teknik homeroom pada kelas VIII-1 di SMP Negeri 1 Air Joman T.A 2015/2016, dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 025 |
Keywords: | Konsep Diri; Bimbingan Kelompok; Teknik Home Room |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 02:36 |
Last Modified: | 18 Jul 2016 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6125 |