PURBA, MISVA MELTRI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI KELAS XI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN T.P 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4183121050_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4183121050_Cover.pdf
Download (81kB)
![[thumbnail of 4183121050_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4183121050_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (167kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan
model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi elastisitas dan hukum hooke di
kelas XI SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Percut Sei
Tuan. Sampel penelitian dilakukan dengan teknik cluster random sampling, kelas XI
MIA-4 sebagai kelas eksperimen diberikan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan
XI MIA-5 sebagai kelas kontrol diberikan model pembelajaran konvensional.
Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes pilihan ganda dengan jumlah 20
soal. Nilai rata-rata postest kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 76,03
dan 67,06. Berdasarkan hasil analisis uji t satu pihak didapat nilai thitung = 3,75 dan ttabel
= 1,669, pada taraf signifikan 0,05 (th > tt). Hal ini menyatakan ada pengaruh signifikan
model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi
elastisitas dan hukum hooke di kelas XI SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Inkuiri terbimbing, hasil belajar, elastisitas dan hukum Hooke |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 03:40 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61230 |