Ocvarinda, Riska (2024) PENGEMBANGAN MEDIA LUDO BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 104607 SEI ROTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311015_Cover.pdf
Download (127kB)
1203311015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (625kB)
1203311015_Abstrak.pdf
Download (214kB)
1203311015_Kata_Pengantar.pdf
Download (224kB)
1203311015_Daftar_Isi.pdf
Download (305kB)
1203311015_Daftar_Tabel.pdf
Download (232kB)
1203311015_Daftar_Gambar.pdf
Download (171kB)
1203311015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (233kB)
1203311015_BAB_I.pdf
Download (342kB)
1203311015_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311015_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (582kB)
1203311015_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
1203311015_BAB_V.pdf
Download (259kB)
1203311015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (289kB)
1203311015_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa dan minimnya penggunaan media pembelajaran di kelas IV SD Negeri 104607 Sei Rotan. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media ludo bangun datar yang layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan Atau Research And Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 104607 Sei Rotan yang berjumlah 23 siswa. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, angket, lembar observasi, dan tes berupa soal sebanyak 20 butir soal pilihan ganda untuk pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validasi materi dan media pembelajaran ludo bangun datar yang dikembangkan memperoleh persentase sebesar 76% dan 92% dengan kategori layak. Hasil kepraktisan dari angket respon guru terhadap media pembelajaran ludo bangun datar diperoleh persentase sebesar 88% dengan kategori Sangat Praktis. Hasil uji efektifitas media ludo bangun datar diperoleh nilai N-Gain Score sebesar 0,69 dengan persentase 69% dengan kriteria “Cukup Efektif”. Berdasarkan perolehan nilai dan persentase diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ludo bangun datar sudah Layak, Praktis, dan Efektif untuk digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 104607 Sei Rotan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan, Media Ludo, Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 16 Jun 2025 02:43 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 03:03 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61212 |
