PENGEMBANGAN MEDIA LUDO BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 104607 SEI ROTAN

Ocvarinda, Riska (2024) PENGEMBANGAN MEDIA LUDO BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 104607 SEI ROTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311015_Cover.pdf] Text
1203311015_Cover.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 1203311015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (625kB)
[thumbnail of 1203311015_Abstrak.pdf] Text
1203311015_Abstrak.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 1203311015_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311015_Kata_Pengantar.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 1203311015_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311015_Daftar_Isi.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 1203311015_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311015_Daftar_Gambar.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 1203311015_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311015_Daftar_Tabel.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 1203311015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 1203311015_BAB_I.pdf] Text
1203311015_BAB_I.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 1203311015_BAB_V.pdf] Text
1203311015_BAB_V.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of 1203311015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (289kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa dan minimnya penggunaan media pembelajaran di kelas IV SD Negeri 104607 Sei Rotan. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media ludo bangun datar yang layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan Atau Research And Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 104607 Sei Rotan yang berjumlah 23 siswa. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, angket, lembar observasi, dan tes berupa soal sebanyak 20 butir soal pilihan ganda untuk pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validasi materi dan media pembelajaran ludo bangun datar yang dikembangkan memperoleh persentase sebesar 76% dan 92% dengan kategori layak. Hasil kepraktisan dari angket respon guru terhadap media pembelajaran ludo bangun datar diperoleh persentase sebesar 88% dengan kategori Sangat Praktis. Hasil uji efektifitas media ludo bangun datar diperoleh nilai N-Gain Score sebesar 0,69 dengan persentase 69% dengan kriteria “Cukup Efektif”. Berdasarkan perolehan nilai dan persentase diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ludo bangun datar sudah Layak, Praktis, dan Efektif untuk digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 104607 Sei Rotan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Media Ludo, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 16 Jun 2025 02:43
Last Modified: 16 Jun 2025 02:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61212

Actions (login required)

View Item
View Item