Siahaan, Risda Oktaviani (2024) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 107400 BANDAR KHALIPAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203111002_Cover.pdf
Download (67kB)
1203111002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (479kB)
1203111002_Abstrak.pdf
Download (208kB)
1203111002_Kata_Pengantar.pdf
Download (454kB)
1203111002_Daftar_Isi.pdf
Download (242kB)
1203111002_Daftar_Tabel.pdf
Download (55kB)
1203111002_Daftar_Gambar.pdf
Download (53kB)
1203111002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (56kB)
1203111002_BAB_I.pdf
Download (563kB)
1203111002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (878kB)
1203111002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (633kB)
1203111002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203111002_BAB_V.pdf
Download (86kB)
1203111002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (395kB)
1203111002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh penerapan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang (kubus dan balok) kelas V SDN 107400 Bandar Khalipah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, sedangkan pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian Quasi Experimen. Sedangkan Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design (Nonequivalent control group design). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang (kubus dan balok) kelas V SDN 107400 Bandar Khalipah. Hal ini dapat dilihat saat peneliti memberikan soal pretest kepada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, skor rata-rata pretest pada kelas eksperimen yaitu 36,7 dan kelas kontrol yaitu 32,27. Setelah kedua kelas diberikan perlakuan secara berbeda, selanjutnya kedua kelas diberikan soal posttest. Berdasarkan hasil posttest terlihat bahwa skor rata-rata posttest yang diperoleh kelas eksperimen 82,5 sedangkan pada kelas kontrol 71,36. Sedangkan dengan membandingkan skor rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen diketahui skor rata-rata hasil belajar kelas eksperimen meningkat 45,8, sedangkan skor rata-rata hasil belajar kelas kontrol meningkat sebanyak 39,09. Berdasarkan uji normalitas pada penelitian ini diketahui bahwa seluruh data dalam penelitian ini, diketahui bahwa data pretest dan posttest baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol berdistribusi normal, selanjutnya uji homogenitas menunjukkan nilai 1,337 < 2,139 atau data pada penelitian ini tergolong homogen. Selanjutnya peneliti melakukan uji hipotesis menggunakan independent sampel t-test karena data pada penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t menunjukan bahwa thitung > ttabel (14,607 > 2,139) atau H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 107400 Bandar Khalipah.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray , Matematika, Hasil Belajar Matematika |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 16 Jun 2025 02:43 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 03:00 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61211 |
