LUBIS, RIKA JUNITA (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 KELAS IV SD NEGERI 060868 MEDAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1171111051_Cover.pdf
Download (164kB)
1171111051_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (383kB)
1171111051_Abstrak.pdf
Download (209kB)
1171111051_Kata_Pengantar.pdf
Download (236kB)
1171111051_Daftar_Isi.pdf
Download (230kB)
1171111051_Daftar_Tabel.pdf
Download (179kB)
1171111051_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
1171111051_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
1171111051_BAB_I.pdf
Download (371kB)
1171111051_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (809kB)
1171111051_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1171111051_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1171111051_BAB_V.pdf
Download (165kB)
1171111051_Daftar_Pustaka.pdf
Download (165kB)
1171111051_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Multimedia Interktif pada hal ini adalah multimedia pembelajaran interaktif
dimana didalam multimedia ini berupa video animasi yang penggunanya
memanfaatkan Smartphone Android. tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk
mengetahui kelayakan Multimedia Pembelajaran Interktif. 2) Mengetahui
keparaktisan Multimedia Pembelajaran Interktif. 3) Mengetahui keefektifan
Multimedia Pembelajaran Interktif. Penelitian ini merupan jenis penelitian
pengembangan atau yang serring disebut dengan istilah R&D (Reserch &
Development). Dengan menggunakan model ADDIE ( Analisis, Desain,
Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan sampel sebanyak 11 siswa pada SD Negeri 060868 Medan.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan pengisian kuesioner.
Kuesoner dibagikan oleh para validator. Hasil validasi ahli media memperolah
presentase sebesar 91%, kemudian hasil validasi ahli materi sebesar 87%, dan
hasil validasi praktisi pendidikan sebesar 95%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa
Multimedia Pembelajaran Interaktif berada pada kategori “Sangat Layak”.
Efektivitas dilakukan dengan menggunakan dari hasil pre test dan post test
terhadap siswa sebanyak 11 orang dengan memperoleh hasil berdasarkan post test
sebesar 79,09% dengan kategori “Sanagt Layak”. Maka dapat disimpulkan bahwa
Multimedia Pembelajaran Interaktif pada tema 1 subtema 1 Kelas IV SD Negeri
060868 Medan merupakan media pembelajaran yang dapat digunakan secara
efektif.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan media,Multimedia Interaktif,Video Animasi |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 16 Jun 2025 07:17 |
| Last Modified: | 19 Aug 2025 09:23 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61193 |
