PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 KELAS IV SD NEGERI 060868 MEDAN T.A 2022/2023

LUBIS, RIKA JUNITA (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 KELAS IV SD NEGERI 060868 MEDAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1171111051_Cover.pdf] Text
1171111051_Cover.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 1171111051_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1171111051_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of 1171111051_Abstrak.pdf] Text
1171111051_Abstrak.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 1171111051_Kata_Pengantar.pdf] Text
1171111051_Kata_Pengantar.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 1171111051_Daftar_Isi.pdf] Text
1171111051_Daftar_Isi.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 1171111051_Daftar_Gambar.pdf] Text
1171111051_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1171111051_Daftar_Tabel.pdf] Text
1171111051_Daftar_Tabel.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 1171111051_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1171111051_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1171111051_BAB_I.pdf] Text
1171111051_BAB_I.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of 1171111051_BAB_V.pdf] Text
1171111051_BAB_V.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 1171111051_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1171111051_Daftar_Pustaka.pdf

Download (165kB)

Abstract

Multimedia Interktif pada hal ini adalah multimedia pembelajaran interaktif
dimana didalam multimedia ini berupa video animasi yang penggunanya
memanfaatkan Smartphone Android. tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk
mengetahui kelayakan Multimedia Pembelajaran Interktif. 2) Mengetahui
keparaktisan Multimedia Pembelajaran Interktif. 3) Mengetahui keefektifan
Multimedia Pembelajaran Interktif. Penelitian ini merupan jenis penelitian
pengembangan atau yang serring disebut dengan istilah R&D (Reserch &
Development). Dengan menggunakan model ADDIE ( Analisis, Desain,
Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan sampel sebanyak 11 siswa pada SD Negeri 060868 Medan.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan pengisian kuesioner.
Kuesoner dibagikan oleh para validator. Hasil validasi ahli media memperolah
presentase sebesar 91%, kemudian hasil validasi ahli materi sebesar 87%, dan
hasil validasi praktisi pendidikan sebesar 95%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa
Multimedia Pembelajaran Interaktif berada pada kategori “Sangat Layak”.
Efektivitas dilakukan dengan menggunakan dari hasil pre test dan post test
terhadap siswa sebanyak 11 orang dengan memperoleh hasil berdasarkan post test
sebesar 79,09% dengan kategori “Sanagt Layak”. Maka dapat disimpulkan bahwa
Multimedia Pembelajaran Interaktif pada tema 1 subtema 1 Kelas IV SD Negeri
060868 Medan merupakan media pembelajaran yang dapat digunakan secara
efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan media,Multimedia Interaktif,Video Animasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 16 Jun 2025 07:17
Last Modified: 16 Jun 2025 07:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61193

Actions (login required)

View Item
View Item