Saruksuk, Torang (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOKLET BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA KELAS X. Masters thesis, UNIMED.
8206122009_Cover.pdf
Download (158kB)
8206122009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (454kB)
8206122009_Kata_Pengantar.pdf
Download (207kB)
8206122009_Abstrak.pdf
Download (137kB)
8206122009_Daftar_Isi.pdf
Download (144kB)
8206122009_Daftar_Tabel.pdf
Download (140kB)
8206122009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (139kB)
8206122009_Daftar_Gambar.pdf
Download (113kB)
8206122009_BAB_I.pdf
Download (492kB)
8206122009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8206122009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8206122009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8206122009_BAB_V.pdf
Download (166kB)
8206122009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (407kB)
8206122009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Kelayakan media pembelajaran dalam bentuk e-booklet pada mata pelajaran Geografi kelas X di SMA Negeri 1 Silimakuta, dan (2) menganalisis keefektifan media pembelajaran dalam bentuk e-booklet pada mata pelajaran Geografi kelas X di SMA Negeri 1 Silimakuta. Jenis penelitian ini adalah penelitian R & D dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang sering dikenal sebagai penelitian R & D, model ini dipilih karena sistematis dan sesuai untuk mengembangkan media pembelajaran. Adapun subjek dari penelitian ini terdiri dari satu orang ahli materi, satu orang ahli media pembelajaran, satu orang ahli desain pembelajaran dan siswa kelas X SMA Negeri 1 Silimakuta Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 64 orang. Sebagai objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran, skala respon siswa terhadap media pembelajaran dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) uji ahli materi pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (87,85%), (2) uji ahli media pembelajaran berada pada klasifikasi baik (81,67%), (3) uji ahli desain pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (86,11%). Hasil pengajuan hipotesis membuktikan bahwa (1) media pembelajaran E-booklet berbasis android pada Mata pelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri 1 Silimakuta layak digunakan (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data pada hasil posttest diperoleh harga thitung = 2,160, pada taraf signifikan (α = 0,05) dengan dk 62 diperoleh ttabel = 1,999 sehingga thitung > ttabel. Efektifitas rata-rata hasil belajar pada penggunaan media pembelajaran e-booklet berbasis android 80,38%. Sedangkan kelompok siswa yang menggunakan metode konvensional sebesar 75,13%. Dari data ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran e-booklet berbasis android lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan kompetensi siswa pada materi Penginderaan Jauh daripada tanpa menggunkan media e-booklet berbasis android.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 370.711 Tor p |
| Keywords: | Android, E-booklet, Geografi, Media, Penginderaan jauh |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 14 Mar 2025 04:24 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 04:03 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61192 |
