Humairoh, Mira (2016) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KORBAN BULLYING KELAS X DI SMK NEGERI 2 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 109151037_COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 109151037_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (765kB) | Preview
3. NIM. 109151037_RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 109151037_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 109151037_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
6. NIM. 109151037_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
7. NIM. 109151037_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
8. NIM. 109151037_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM. 109151037_BAB I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
13. NIM. 109151037_BAB V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
14. NIM. 109151037_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan konseling kelompok terhadap interaksi sosial pada siswa korban bullying kelas X di SMK Negeri 2 Tebing Tinggi tahun ajaran 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain Pre-test dan Post-test Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Tekhnik Komputer Jaringan (TKJ)-2 di SMK Negeri 2 Tebing Tinggi yang berjumlah 6 orang. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik sampling purposif, dari 30 siswa kelas X TKJ-2 diambil 6 orang siswa/i yang teridentifikasi sebagai korban bullying yang masuk dalam kriteria yang telah ditetapkan.
Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket, angket yang digunakan adalah angket bullying yang telah divalidkan sebanyak 20 item dan angket interaksi sosial sebanyak 45 item yang terlebih dahulu diujicobakan kepada 35 siswa yang di kumpulkan secara acak, kemudian dianalisis untuk mendapatkan item yang valid dan reliabel. Dari hasil uji coba setelah r_hitung dibandingkan dengan r_tabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 35, maka dari 45 item diperoleh 30 item yang valid dan reliabel sehingga dapat digunakan untuk pengumpulan data selanjutnya.
Dari hasil pre-test untuk 6 siswa yang dijadikan sampel penelitian di kelas X TKJ-2 dengan skor tertinggi 91 dan terendah 52 dengan mean empirik 72,5, mean hipotetik 75 dan standart deviasi 13,54. Setelah diberikan layanan konseling kelompok kemudian peneliti melakukan post-test terhadap 6 siswa korban bullying yang dijadikan sampel diperoleh skor tertinggi 92 dan skor terendah 65 dengan mean empirik 79, mean hipotetik 75 dan standart deviasi 10,29.
Hipotesis dilakukan dengan perhitungan nonparametrik menggunakan uji wilcoxon, berdasarkan tabel perhitungan diperoleh jumlah rank terendah = 1 jadi W_hitung = 1. Pada taraf signifikan 5% dan N = 6 maka W_tabel = 0. Dari data tersebut dilihat bahwa W_hitung > W_tabel (1 > 0) maka Ho di tolak dan hipotesis diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan, “terdapat pengaruh pemberian layanan konseling kelompok yang signifikan terhadap interaksi sosial siswa korban bullying kelas X di SMK Negeri 2 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2014/2015.”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 015 |
Keywords: | Bullying; Intraksi Sosial;BK |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 01:59 |
Last Modified: | 18 Jul 2016 01:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6118 |