PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN INDEX CARD MATCH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD MUHAMMADIYAH 08 MEDAN

SYAHRANI, RAHIMA (2024) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN INDEX CARD MATCH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD MUHAMMADIYAH 08 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1181111060_Cover.pdf] Text
1181111060_Cover.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 1181111060_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1181111060_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1181111060_Abstrak.pdf] Text
1181111060_Abstrak.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of 1181111060_Kata_Pengantar.pdf] Text
1181111060_Kata_Pengantar.pdf

Download (601kB)
[thumbnail of 1181111060_Daftar_Isi.pdf] Text
1181111060_Daftar_Isi.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 1181111060_Daftar_Gambar.pdf] Text
1181111060_Daftar_Gambar.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1181111060_Daftar_Tabel.pdf] Text
1181111060_Daftar_Tabel.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1181111060_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1181111060_Daftar_Lampiran.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 1181111060_BAB_I.pdf] Text
1181111060_BAB_I.pdf

Download (562kB)
[thumbnail of 1181111060_BAB_V.pdf] Text
1181111060_BAB_V.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 1181111060_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1181111060_Daftar_Pustaka.pdf

Download (452kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing dan index card match pada pembelajaran tematik di SD Muhammadiyah 08 Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian non equivalent pre-test post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah 08 Medan. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari 2 kelas, kelas IV-C diajar dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing dan kelas IV-D diajar dengan menggunakan model pembelajaran index card match, dengan jumlah siswa 30 orang pada masing-masing kelas. Instrumen dan teknik pengumpulan data penelitian yaitu tes hasil belajar berupa soal pilihan berganda sebanyak 20 butir. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat, kemudian uji hipotesis dengan uji-t. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran snowball throwing sebesar 74,00, sedangkan pada model pembelajaran index card match sebesar 67,67. Hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi (α) = 0,05 diperoleh tℎ����� > t����� (2,075 > 2,002). Sehingga dinyatakan bahwa H₀ ditolak dan H� diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran snowball throwing dan index card match pada pembelajaran tematik di SD Muhammadiyah 08 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Snowball Throwing, Model Pembelajaran Index Card Match, Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:25
Last Modified: 01 Jul 2025 02:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61178

Actions (login required)

View Item
View Item