Masturina, Era Jum (2015) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP PENGENALAN DIRI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 TAKENGON TAHUN AJARAN 2014/215. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Pengenalan diri merupakan kemampuan seseorang untuk mengenal kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam dirinya sehingga dapat memberikan respon yang sesuai dengan tuntutan baik dari luar maupun dari dalam (Helmi, 1995). Dengan mengenali diri seseorang akan lebih baik dalam menjalankan kehidupannya. Kelebihan yang dimiliki merupakan aset, sumber daya yang mendukung kehidupan, namun jika kelebihan tidak disadari maka sulit untuk mengembangkan dan menerapkan kelebihan itu. Begitu juga dengan kekurangan atau kelemahan pada diri, jika tidak disadari akan merugikan diri sendiri dan juga orang lain. Berdasarkan identifikasi masalah dan batasan masalah yang di kemukakan di atas, masalah pokok dalam penelitian ini dirumuskan Apakah Ada pengaruh pemberian Layanan Bimbingan Kelompok teknik diskusi dapat membantu pengenalan diri siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Takengon T.A 2014/2015.
Tujuan penelitian berfungsi untuk menentukan arah yang tepat bagi peneliti untuk menghindari kesulitan-kesulitan yang mungkin akan terjadi dalam proses penelitian, mengingat pentingnya tujuan penelitian, maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah :untuk mengembangkan pengenalan diri siswa melalui kegiatan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk mengembangkan pengenalan diri siswa kelas XI Di SMAN 2 Takengon. Subjek Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Siswa-siswi kelas XI pada SMA Negeri 2 Takengon Kabupaten Aceh Tengah yang berjumlah ± 328 siswa-siswi. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah tehnik Random Sampling. Data yang digunakan adalah tehnik pengumpulan data secara penyebaran angket, observasi, studi dokumentasi dan pengolahan menggunakan SPSS 22.0 2015. Jumlah sampel adalah 30 responden. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisa Kuantitatif dan mempergunakan pengujian statistik dengan rumus Korelasi Product Moment (Metode Person). Adapun hasil perhitungan untuk hipotesa tentang pengaruh pemberian layanan kelompok diskusi terhadap pengenalan diri siswa kelas XI SMA Negeri 2 Takengon menunjukkan angka korelasi 0,970.
Berdasarkan hasil Uji Hipotesis menunjukkan secara Uji T (korelasi Sempurna) bahwa pemberi layanan diskusi kelompok berpengaruh signifikan terhadap pengaruh pengenalan diri siswa, sebagaimana ditunjukkan bahwa koefisien korelasi bernilai 0,970 atau 97% dan nilai sig. lebih besar dari 0.05 atau 5%. Nilai AdjustedR2 square 0,249 yang mengindikasi bahwa 24,9% variasi atau perubahan dalam pengenalan diri siswa dapat dijelaskan oleh variabel penelitian. Sedangkan sisanya sebesar 3% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 017 |
Keywords: | BK;Diskusi; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 01:55 |
Last Modified: | 18 Jul 2016 01:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6117 |