ANALISIS KETERAMPILAN GURU MEMBIMBING DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MENERAPKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN Se-KECAMATAN HAMPARAN PERAK T.A 2023/2024

Siahaan, Putri Monica Graciela (2024) ANALISIS KETERAMPILAN GURU MEMBIMBING DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MENERAPKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN Se-KECAMATAN HAMPARAN PERAK T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111010_Cover.pdf] Text
1203111010_Cover.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 1203111010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (939kB)
[thumbnail of 1203111010_Abstrak.pdf] Text
1203111010_Abstrak.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 1203111010_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111010_Kata_Pengantar.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 1203111010_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111010_Daftar_Isi.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 1203111010_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111010_Daftar_Gambar.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 1203111010_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111010_Daftar_Tabel.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 1203111010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 1203111010_BAB_I.pdf] Text
1203111010_BAB_I.pdf

Download (545kB)
[thumbnail of 1203111010_BAB_V.pdf] Text
1203111010_BAB_V.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 1203111010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (316kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan guru dalam membimbing diskusi kelompok kecil dengan menerapkan model kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPAS di kelas V SDN Se-Kecamatan Hamparan Perak T.A 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif-deskriptif. Populasi penelitian terdiri dari 62 sekolah dasar negeri beserta guru kelas V di Kecamatan Hamparan Perak. Sampel penelitian berjumlah 6 guru kelas V di SDN Kecamatan Hamparan Perak. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi selama tiga pertemuan dalam proses pembelajaran, seterusnya data dianalisis menggunakan metode analisa kuantitatif dengan perhitungan angka-angka kemudian dideskripsikan dengan kalimat. Hasil penelitian selama tiga pertemuan menunjukkan bahwa keterampilan guru membimbing diskusi kelompok kecil dengan menerapkan model kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPAS di kelas V SDN Se-Kecamatan Hamparan Perak T.A 2023/2024 berada pada kategori “sangat baik” dengan persentase sebesar 28% dan kategori “baik” dengan persentase 72%. Berdasarkan hasil observasi dari tiga pertemuan yang telah dilakukan, keenam guru menunjukkan adanya peningkatan yang tentunya berbeda-beda dimulai dari pertemuan pertama hingga pertemuan ketiga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil, Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:30
Last Modified: 01 Jul 2025 02:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61166

Actions (login required)

View Item
View Item