PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS APLIKASI CANVA PADA SISWA KELAS IV SDN 104231 BATANG KUIS

AURORA, PUTRI IRENE (2024) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS APLIKASI CANVA PADA SISWA KELAS IV SDN 104231 BATANG KUIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193311170_Cover.pdf] Text
1193311170_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 1193311170_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311170_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 1193311170_Abstrak.pdf] Text
1193311170_Abstrak.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 1193311170_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311170_Kata_Pengantar.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 1193311170_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311170_Daftar_Isi.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 1193311170_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311170_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1193311170_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311170_Daftar_Tabel.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1193311170_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311170_Daftar_Lampiran.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1193311170_BAB_I.pdf] Text
1193311170_BAB_I.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 1193311170_BAB_V.pdf] Text
1193311170_BAB_V.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 1193311170_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311170_Daftar_Pustaka.pdf

Download (133kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan,
praktikalitas, dan keefektifan dari Media Flashcard berbasis aplikasi Canva. Jenis
penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan ADDIE. Subjek
penelitian ini adalah 32 orang yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 18 siswa
perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas observasi,
wawancara, angket, dan tes. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini meliputi instrumen wawancara, instrumen ahli (angket, tes, media, dan materi),
instrumen praktikalitas (angket respon guru), dan tes hasil belajar siswa. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data
kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil kelayakan produk mendapatkan
persentase 74% dan termasuk kategori layak. Hasil praktikalitas produk
mendapatkan persentase 74% dan termasuk kategori sangat praktis. Hasil
efektifitas produk memperoleh hasil 0,38 dan termasuk kategori efektif. Dapat
disimpulkan bahwa Media Flashcard berbasis aplikasi Canva dinyatakan layak,
praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Flashcard, Canva, R&D
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:33
Last Modified: 01 Jul 2025 02:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61162

Actions (login required)

View Item
View Item