NILAI-NILAI BUDAYA ETNIS TIONGHOA DALAM PENDIDIKAN DI KOMPLEK WARINGIN INDAH KOTA MEDAN

Julietta, Yovana (2024) NILAI-NILAI BUDAYA ETNIS TIONGHOA DALAM PENDIDIKAN DI KOMPLEK WARINGIN INDAH KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3202422015_Cover.pdf] Text
3202422015_Cover.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of 3202422015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3202422015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 3202422015_Abstrak.pdf] Text
3202422015_Abstrak.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 3202422015_Kata_Pengantar.pdf] Text
3202422015_Kata_Pengantar.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of 3202422015_Daftar_Isi.pdf] Text
3202422015_Daftar_Isi.pdf

Download (530kB)
[thumbnail of 3202422015_Daftar_Gambar.pdf] Text
3202422015_Daftar_Gambar.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of 3202422015_Daftar_Tabel.pdf] Text
3202422015_Daftar_Tabel.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of 3202422015_BAB_I.pdf] Text
3202422015_BAB_I.pdf

Download (669kB)
[thumbnail of 3202422015_BAB_II.pdf] Text
3202422015_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 3202422015_BAB_III.pdf] Text
3202422015_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[thumbnail of 3202422015_BAB_IV.pdf] Text
3202422015_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 3202422015_BAB_V.pdf] Text
3202422015_BAB_V.pdf

Download (440kB)
[thumbnail of 3202422015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3202422015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (549kB)
[thumbnail of 3202422015_Lampiran.pdf] Text
3202422015_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi etnis Tionghoa tentang pendidikan, mengetahui nilai-nilai budaya etnis Tionghoa menjadi pedoman dalam pendidikan dan untuk mengetahui preferensi orang tua etnis Tionghoa dalam memilih pendidikan formal serta pendidikan nonformal untuk anak-anaknya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, serta dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etnis Tionghoa sangat mementingkan pendidikan, salah satunya orang tua etnis Tionghoa yang menyekolahkan anak-anak mereka sampai ke jenjang yang tinggi dikarenakan mereka memiliki pandangan bahwa pendidikan sangat penting agar dapat memperoleh masa depan yang cerah. Walaupun orang tua harus banting tulang bekerja sampai harus menjual harta atau asetnya namun, tidak mengurangi niat orang tua dalam menyekolahkan anaknya. Selain itu anak-anak etnis Tionghoa juga percaya bahwa pendidikan merupakan jembatan dalam mencapai masa depan yang indah. Melalui pendidikan juga terbukti bahwa sebagian besar etnis Tionghoa berhasil dalam berkarir yang dibuktikan dengan etnis Tionghoa yang membuka les privat dan sekaligus menjadi guru, bekerja di suatu perusahaan yang bergengsi, bahkan ada yang sampai membuka perusahaan sendiri melalui skill dan ilmu pendidikan yang diterimanya selama bersekolah. Pendidikan juga tidak terlepas dari nilai-nilai budaya yang ditanamkan oleh etnis Tionghoa seperti nilai kejujuran, kedisplinan, kesopanan, semangat dan nilai budaya kerja keras, nilai-nilai budaya ini sangat mempengaruhi persepsi tentang pendidikan dan keberhasilan dalam mencapai masa depan. Dalam memilih pendidikan, orang tua memiliki preferensi yang baik dalam memilih pendidikan formal salah satunya kualitas sekolah dan jarak sekolah dengan tempat tinggal. Tak hanya pendidikan formal, orang tua etnis Tionghoa juga memiliki preferensi terhadap pendidikan nonformal yaitu yang pertama kualitas bimbingan belajar yang baik dan kedua yaitu bakat atau kemampuan yang dimiliki anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Nilai Budaya, Etnis Tionghoa, Pendidikan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN537 Ethnic groups and races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 25 Jun 2025 07:46
Last Modified: 25 Jun 2025 07:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61154

Actions (login required)

View Item
View Item