Sinaga, Vera Nirmala Sari (2024) STRUKTUR JARINGAN SOSIAL PEDAGANG SAYURAN DI PASARAYA MMTC. Undergraduate thesis, UNIMED.
3181122008_Cover.pdf
Download (75kB)
3181122008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (821kB)
3181122008_Abstrak.pdf
Download (95kB)
3181122008_Kata_Pengantar.pdf
Download (793kB)
3181122008_Daftar_Isi.pdf
Download (102kB)
3181122008_Daftar_Gambar.pdf
Download (55kB)
3181122008_Daftar_Tabel.pdf
Download (54kB)
3181122008_BAB_I.pdf
Download (242kB)
3181122008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (520kB)
3181122008_BAB_III.pdf
Download (266kB)
3181122008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
3181122008_BAB_V.pdf
Download (115kB)
3181122008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (181kB)
3181122008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur jaringan sosial pedagang sayuran di Pasaraya MMTC, menganalisis fungsi jaringan sosial pada pedagang sayuran di Pasaraya MMTC. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa struktur jaringan sosial yang terbentuk pada pedagang sayur Pasaraya MMTC dilakukan melalui pendekatan dan interaksi yang rutin. Kedekatan dan interaksi yang terjalin antar para pedagang dapat menjelaskan bagaimana para pedagang membangun suatu jaringan sosial satu sama lain. Jaringan sosial pada masyarakat menunjukan tipe hubungan sosial yang terkait atas dasar identitas kekerabatan, ras, etnis, pertemanan, ketetanggaan, ataupun atas dasar kepentingan tertentu dan memperlihatkan suatu hubungan sosial. Pada penelitian yang telah dilakukan, jaringan sosial yang terbentuk pada pedagang sayur di pasaraya MMTC terikat atas dasar adanya kepentingan tertentu. Selain dari sesama pedagang sayur, untuk mendapatkan pasokan produk maka pedagang juga membangun jaringan sosial dengan para distributor sayur atau toke. Terdapat tiga fungsi jaringan sosial pada pedagang sayuran Pasaraya MMTC yaitu sebagai media penyebaran informasi, sebagai bahan pertimbangan penentuan keputusan dan sebagai pengikat hubungan sosial antar sesama pedagang di pasaraya MMTC.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Struktur Jaringan Sosial, Pedagang sayuran |
| Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
| Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
| Date Deposited: | 25 Jun 2025 08:05 |
| Last Modified: | 25 Jun 2025 08:05 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61151 |
