PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DI KELAS IV SDN 106162 MEDAN ESTATE T.A 2023/2024

Anakampun, Pilkadesi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DI KELAS IV SDN 106162 MEDAN ESTATE T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111135_Cover.pdf] Text
1203111135_Cover.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 1203111135_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111135_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (507kB)
[thumbnail of 1203111135_Abstrak.pdf] Text
1203111135_Abstrak.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 1203111135_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111135_Kata_Pengantar.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 1203111135_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111135_Daftar_Isi.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 1203111135_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111135_Daftar_Gambar.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 1203111135_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111135_Daftar_Tabel.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 1203111135_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111135_Daftar_Lampiran.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 1203111135_BAB_I.pdf] Text
1203111135_BAB_I.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of 1203111135_BAB_V.pdf] Text
1203111135_BAB_V.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 1203111135_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111135_Daftar_Pustaka.pdf

Download (348kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media diorama yang valid, praktis, dan efektif pada keterampilan menulis deskripsi pada peserta didik kelas IV SDN 106162 Medan Estate. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di SDN 106162 Medan Estate menemukan beberapa permasalahan yaitu: (1) belum pernah ada penelitian yang dilakukan mengenai pengembangan media diorama di SDN 106162 Medan Estate, (2) kurang tersedianya media pembelajaran pada saat proses belajar mengajar, (3) tidak ada media pembelajaran yang inovatif dan kreatif untuk pembelajaran menulis, dan (4) materi yang monoton membuat peserta didik tidak tertarik untuk belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian R & D (Research and Developmen) yang menggunakan model ADDIE. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini adalah Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (Penilaian). Subjek uji coba terdiri dari ahli konten media, ahli desain media, guru kelas IVB dan 26 peserta didik untuk uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media diorama pada keterampilan menulis deskripsi peserta didik menunjukkan (1) Hasil validasi ahli konten media secara keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan ”valid” (80%) dan hasil validasi desain media secara keseluruhan pada kualifikasi ”sangat valid” (92,3%); (2) Hasil praktikalitas guru secara keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan ”sangat praktis” (97%); dan hasil respon peserta didik secara keseluruhan pada kualifikasi ”sangat praktis” (89,9%); (3) Hasil uji efektivitas memiliki nilai rata-rata ketuntasan 81,42 dengan kualifikasi “efektif”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran diorama pada keterampilan menulis deskripsi peserta didik yang dikembangkan peneliti valid, sangat praktis, dan efektif digunakan pada peserta didik kelas IV SDN 106162 Medan Estate.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penelitian Pengembangan, Media Diorama, Menulis Deskripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:38
Last Modified: 01 Jul 2025 02:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61147

Actions (login required)

View Item
View Item