Anakampun, Pilkadesi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DI KELAS IV SDN 106162 MEDAN ESTATE T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203111135_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111135_Cover.pdf
Download (171kB)
![[thumbnail of 1203111135_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111135_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (507kB)
![[thumbnail of 1203111135_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111135_Abstrak.pdf
Download (236kB)
![[thumbnail of 1203111135_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111135_Kata_Pengantar.pdf
Download (243kB)
![[thumbnail of 1203111135_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111135_Daftar_Isi.pdf
Download (237kB)
![[thumbnail of 1203111135_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111135_Daftar_Gambar.pdf
Download (148kB)
![[thumbnail of 1203111135_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111135_Daftar_Tabel.pdf
Download (263kB)
![[thumbnail of 1203111135_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111135_Daftar_Lampiran.pdf
Download (203kB)
![[thumbnail of 1203111135_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111135_BAB_I.pdf
Download (437kB)
![[thumbnail of 1203111135_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111135_BAB_V.pdf
Download (231kB)
![[thumbnail of 1203111135_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111135_Daftar_Pustaka.pdf
Download (348kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media diorama yang valid, praktis, dan efektif pada keterampilan menulis deskripsi pada peserta didik kelas IV SDN 106162 Medan Estate. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di SDN 106162 Medan Estate menemukan beberapa permasalahan yaitu: (1) belum pernah ada penelitian yang dilakukan mengenai pengembangan media diorama di SDN 106162 Medan Estate, (2) kurang tersedianya media pembelajaran pada saat proses belajar mengajar, (3) tidak ada media pembelajaran yang inovatif dan kreatif untuk pembelajaran menulis, dan (4) materi yang monoton membuat peserta didik tidak tertarik untuk belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian R & D (Research and Developmen) yang menggunakan model ADDIE. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini adalah Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (Penilaian). Subjek uji coba terdiri dari ahli konten media, ahli desain media, guru kelas IVB dan 26 peserta didik untuk uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media diorama pada keterampilan menulis deskripsi peserta didik menunjukkan (1) Hasil validasi ahli konten media secara keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan ”valid” (80%) dan hasil validasi desain media secara keseluruhan pada kualifikasi ”sangat valid” (92,3%); (2) Hasil praktikalitas guru secara keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan ”sangat praktis” (97%); dan hasil respon peserta didik secara keseluruhan pada kualifikasi ”sangat praktis” (89,9%); (3) Hasil uji efektivitas memiliki nilai rata-rata ketuntasan 81,42 dengan kualifikasi “efektif”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran diorama pada keterampilan menulis deskripsi peserta didik yang dikembangkan peneliti valid, sangat praktis, dan efektif digunakan pada peserta didik kelas IV SDN 106162 Medan Estate.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penelitian Pengembangan, Media Diorama, Menulis Deskripsi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 02:38 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61147 |