PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE PANCASILA(PUZZPALA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 040444 KABANJAHE T.A 2023/2024

TARIGAN, PEBRI STEPANI BR (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE PANCASILA(PUZZPALA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 040444 KABANJAHE T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111158_Cover.pdf] Text
1203111158_Cover.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 1203111158_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111158_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1203111158_Abstrak.pdf] Text
1203111158_Abstrak.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 1203111158_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111158_Kata_Pengantar.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 1203111158_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111158_Daftar_Isi.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 1203111158_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111158_Daftar_Gambar.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 1203111158_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111158_Daftar_Tabel.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 1203111158_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111158_Daftar_Lampiran.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 1203111158_BAB_I.pdf] Text
1203111158_BAB_I.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 1203111158_BAB_V.pdf] Text
1203111158_BAB_V.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 1203111158_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111158_Daftar_Pustaka.pdf

Download (216kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yaitu
Pengembangan media Puzzle Pancasila Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 040444
Kabanjahe T.A 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan,
keefektifan dan kepraktisan media dan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN
040444 Kabanjahe. Jenis penelitian yang dipakai pada penelitian ini ialah
menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan
menggunakan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu tahap analysis, design,
development, implementation, and evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas IV SDN 040444 Kabanjahe sebanyak 17 orang siswa dengan 11 orang
siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dan
pengembangan ini meliputi validasi dari ahli yang merupakan penilaian media
Puzzle Pancasila oleh ahli media, ahli materi dan ahli praktisi pendidikan yaitu
wali kelas IV SDN 040444 Kabanjahe. Pada penilaian media Puzzle Pancasila
memperoleh nilai oleh ahli media mendapatkan skor akhir sebesar 95% dengan
kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan skor
sebesar 77% dengan kategori “Layak”. Hasil validasi oleh praktisi pendidikan
yaitu wali kelas IV SDN 040444 Kabanjahe mendapatkan skor sebesar 90%
dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil pretest nilai rata-rata siswa memperoleh
nilai sebesr 58 dengan kategori “Kurang Efektif” dan pada tahap posttest nilai
rata-rata siswa mengalami peningkatan dengan nilai sebesar 89 dengan kategori
“Sangat Efektif”. Hasil belajar siswa mengalami kenaikan sebesar 31 Oleh karena
itu dapat disimpulkan bahwa Media Puzzle Pancasila pada Mata Pelajaran
Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SDN 040444 Kabanjahe dinyatakan layak,
efektif dan praktis untuk digunakan oleh siswa pada saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Puzzle Pancasila, Penelitian Pengembangan, Pendidikan Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:40
Last Modified: 01 Jul 2025 02:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61144

Actions (login required)

View Item
View Item