PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN LINKTREE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH

Harna, Fadliati (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN LINKTREE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226122002_Cover.pdf] Text
8226122002_Cover.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 8226122002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226122002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 8226122002_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226122002_Kata_Pengantar.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 8226122002_Abstrak.pdf] Text
8226122002_Abstrak.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 8226122002_Daftar_Isi.pdf] Text
8226122002_Daftar_Isi.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 8226122002_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226122002_Daftar_Tabel.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 8226122002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226122002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 8226122002_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226122002_Daftar_Gambar.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 8226122002_BAB_I.pdf] Text
8226122002_BAB_I.pdf

Download (525kB)
[thumbnail of 8226122002_BAB_V.pdf] Text
8226122002_BAB_V.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 8226122002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226122002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (240kB)

Abstract

Penelitian ini menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran interaktif
berbasis Problem Based Learning menggunakan Linktree yang memiliki tujuan
guna menguji aspek kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan dari media
pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning menggunakan Linktree
untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah dikelas XI Man 2 Model Medan. Adapun
prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian adalah model
pengembangan ADDIE, yang terdiri (1) Analysis (2) Design (3) Development (4)
Implementation, dan (5) Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Uji validasi
ahli materi dalam media yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori sangat
layak dengan perolehan skor 93,75%. (2) Uji validasi ahli media termasuk ke dalam
kategori sangat layak dengan perolehan skor 95%. (3) Dan uji validasi ahli desain
pembelajaran termasuk ke dalam kategori sangat layak dengan perolehan skor
100%. (4) Uji Kepratisan dengan perolehan skor 94,64. (5) Uji coba perorangan
masuk ke dalam kriteria sangat layak dengan perolehan skor 83,92%. (6) Uji coba
kelompok kecil termasuk pada kriteria sangat layak dengan perolehan skor 89,83%.
(7) Uji coba lapangan termasuk ke dalam kriteria sangat layak dengan perolehan
skor 94,06%, dengan hasil rata-rata keseluruhan dari kategori responden sebesar
93,02%. Kemudian Hasil percobaan penggunaan media pembelajaran interaktif
berbasis Problem Based Learning menggunakan Linktree pada kelas eksperimen
mendapatkan rata-rata hasil belajar 89,9. Sedangkan penggunaan media
pembelajaran interaktif dengan Cooperative Learning Jigsaw menggunakan
Linktree pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 83,8. Berdasarkan uji
independen T-test diperoleh Uji efektivitas menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000
berada < 0,05 dapat diartikan mengalami signifikan. Berdasarkan hasil tersebut,
maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Problem
Based Learning menggunakan Linktree efektif digunakan untuk meningkatkan
hasil belajar sejarah. Selanjutnya berdasarkan perhitungan N-Gain diperoleh hasil
sebesar 60,96 dalam kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Linktree, Problem Based Learning, Hasil Belajar Sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 13 Mar 2025 06:43
Last Modified: 13 Mar 2025 06:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61142

Actions (login required)

View Item
View Item