PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN LINKTREE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH

Harna, Fadliati (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN LINKTREE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226122002_Cover.pdf] Text
8226122002_Cover.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 8226122002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226122002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 8226122002_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226122002_Kata_Pengantar.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 8226122002_Abstrak.pdf] Text
8226122002_Abstrak.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 8226122002_Daftar_Isi.pdf] Text
8226122002_Daftar_Isi.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 8226122002_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226122002_Daftar_Tabel.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 8226122002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226122002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 8226122002_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226122002_Daftar_Gambar.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 8226122002_BAB_I.pdf] Text
8226122002_BAB_I.pdf

Download (525kB)
[thumbnail of 8226122002_BAB_V.pdf] Text
8226122002_BAB_V.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 8226122002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226122002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (240kB)

Abstract

Penelitian ini menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning menggunakan Linktree yang memiliki tujuan guna menguji aspek kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning menggunakan Linktree untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah dikelas XI Man 2 Model Medan. Adapun prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian adalah model pengembangan ADDIE, yang terdiri (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Uji validasi ahli materi dalam media yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori sangat layak dengan perolehan skor 93,75%. (2) Uji validasi ahli media termasuk ke dalam kategori sangat layak dengan perolehan skor 95%. (3) Dan uji validasi ahli desain pembelajaran termasuk ke dalam kategori sangat layak dengan perolehan skor 100%. (4) Uji Kepratisan dengan perolehan skor 94,64. (5) Uji coba perorangan masuk ke dalam kriteria sangat layak dengan perolehan skor 83,92%. (6) Uji coba kelompok kecil termasuk pada kriteria sangat layak dengan perolehan skor 89,83%. (7) Uji coba lapangan termasuk ke dalam kriteria sangat layak dengan perolehan skor 94,06%, dengan hasil rata-rata keseluruhan dari kategori responden sebesar 93,02%. Kemudian Hasil percobaan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning menggunakan Linktree pada kelas eksperimen mendapatkan rata-rata hasil belajar 89,9. Sedangkan penggunaan media pembelajaran interaktif dengan Cooperative Learning Jigsaw menggunakan Linktree pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 83,8. Berdasarkan uji independen T-test diperoleh Uji efektivitas menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 berada < 0,05 dapat diartikan mengalami signifikan. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning menggunakan Linktree efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar sejarah. Selanjutnya berdasarkan perhitungan N-Gain diperoleh hasil sebesar 60,96 dalam kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Har p
Keywords: Linktree, Problem Based Learning, Hasil Belajar Sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 13 Mar 2025 06:43
Last Modified: 23 Apr 2025 03:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61142

Actions (login required)

View Item
View Item