PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SDS AL WASHLIYAH 4 MEDAN

FADILA, NURUL (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SDS AL WASHLIYAH 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111126_Cover.pdf] Text
1203111126_Cover.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 1203111126_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111126_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (818kB)
[thumbnail of 1203111126_Abstrak.pdf] Text
1203111126_Abstrak.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 1203111126_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111126_Kata_Pengantar.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 1203111126_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111126_Daftar_Isi.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 1203111126_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111126_Daftar_Gambar.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1203111126_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111126_Daftar_Tabel.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 1203111126_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111126_Daftar_Lampiran.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 1203111126_BAB_I.pdf] Text
1203111126_BAB_I.pdf

Download (512kB)
[thumbnail of 1203111126_BAB_V.pdf] Text
1203111126_BAB_V.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 1203111126_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111126_Daftar_Pustaka.pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS siswa sd kelas IV SDS Al Wasliyah 4 Medan. Penelitian ini menggunakan Group Pretest-Posttest Design. Adapun populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa test objektif sebanyak 20 butir soal.Nilai rata-rata pretest yang diperoleh yaitu 58,5. Setelah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament selanjutnya diberikan posttest. Berdasarkan hasil posttest terlihat bahwa skor rata-rata posttest yang diperoleh yaitu 83,5. Ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis statistic dengan menggunakan software SPSS Statistic 20, uji normalitas pada penelitian ini diketahui bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal dengan nilai data pretest Lhitung < Ltabel atau 0,561 > 0,05 dan posttest LHitung < Ltabel atau 0,178 > 0,05. Selanjutnya peneliti melakukan uji hipotesis menggunakan independent sampel t-test menggunakan software SPSS 20 diperoleh thitung > ttabel yaitu (- 7,217 > 2,024) dengan taraf signifikasi yaitu, 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh signifikan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Berbantuan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV SDS Al Washliyah 4 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Teams Games Tournament Berbantuan Media Powerpoint, Hasil Belajar, Pembelajaran Ipas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:41
Last Modified: 01 Jul 2025 02:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61136

Actions (login required)

View Item
View Item