FADILA, NURUL (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SDS AL WASHLIYAH 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203111126_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111126_Cover.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 1203111126_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111126_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (818kB)
![[thumbnail of 1203111126_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111126_Abstrak.pdf
Download (65kB)
![[thumbnail of 1203111126_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111126_Kata_Pengantar.pdf
Download (315kB)
![[thumbnail of 1203111126_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111126_Daftar_Isi.pdf
Download (101kB)
![[thumbnail of 1203111126_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111126_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 1203111126_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111126_Daftar_Tabel.pdf
Download (34kB)
![[thumbnail of 1203111126_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111126_Daftar_Lampiran.pdf
Download (35kB)
![[thumbnail of 1203111126_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111126_BAB_I.pdf
Download (512kB)
![[thumbnail of 1203111126_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111126_BAB_V.pdf
Download (61kB)
![[thumbnail of 1203111126_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111126_Daftar_Pustaka.pdf
Download (89kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS siswa sd kelas IV SDS Al Wasliyah 4 Medan. Penelitian ini menggunakan Group Pretest-Posttest Design. Adapun populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa test objektif sebanyak 20 butir soal.Nilai rata-rata pretest yang diperoleh yaitu 58,5. Setelah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament selanjutnya diberikan posttest. Berdasarkan hasil posttest terlihat bahwa skor rata-rata posttest yang diperoleh yaitu 83,5. Ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis statistic dengan menggunakan software SPSS Statistic 20, uji normalitas pada penelitian ini diketahui bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal dengan nilai data pretest Lhitung < Ltabel atau 0,561 > 0,05 dan posttest LHitung < Ltabel atau 0,178 > 0,05. Selanjutnya peneliti melakukan uji hipotesis menggunakan independent sampel t-test menggunakan software SPSS 20 diperoleh thitung > ttabel yaitu (- 7,217 > 2,024) dengan taraf signifikasi yaitu, 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh signifikan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Berbantuan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV SDS Al Washliyah 4 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Teams Games Tournament Berbantuan Media Powerpoint, Hasil Belajar, Pembelajaran Ipas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 02:41 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61136 |