Borneo, Inke Nur East (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI TINGKAT SMP. Masters thesis, UNIMED.
8206172003_Cover.pdf
Download (56kB)
8206172003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
8206172003_Kata_Pengantar.pdf
Download (418kB)
8206172003_Abstrak.pdf
Download (229kB)
8206172003_Daftar_Isi.pdf
Download (206kB)
8206172003_Daftar_Tabel.pdf
Download (210kB)
8206172003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (141kB)
8206172003_Daftar_Gambar.pdf
Download (144kB)
8206172003_BAB_I.pdf
Download (787kB)
8206172003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8206172003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8206172003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
8206172003_BAB_V.pdf
Download (231kB)
8206172003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (395kB)
8206172003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memperoleh media komik yang dikembangkan dengan pendekatan scientific yang memenuhi validitas, kepraktisan, dan keefektifan untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemahaman konsep matematis siswa.; 2) mendeskripsikan bagaimana peningkatan kemampuan representasi dan pemahaman konsep matematis siswa yang diterapkan menggunakan media komik dengan pendekatan scientific, penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan media komik dengan pendekatan scientific yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media komik pembelajaran; 2) peningkatan kemampuan representasi dan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan media komik dengan pendekatan scientific ditinjau dari n-gain kemampuan representasi sebesar 0,67 dengan kriteria sedang dan pada kemampuan pemahaman konsep sebesar 0,66 dengan kriteria sedang; 3) media komik dengan pendekatan scientific yang dikembangkan ini dapat meningkatkan kemampuan representasi dan pemahaman konsep matematis siswa, terlihat pada rata-rata kemampuan representasi siswa sebesar 88, dan pada kemampuan pemahaman konsep sebesar 87.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 510.72 Bor p |
| Keywords: | Pengembangan Media Komik, Model ADDIE, Pendekatan Scientific, Representasi, Pemahaman Konsep. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 13 Mar 2025 03:42 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 03:26 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61121 |
