ALFAYANA, NISA (2024) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) BERBANTUAN ALAT PERAGA BLACK BOX TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203111097_Cover.pdf
Download (149kB)
1203111097_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1203111097_Abstrak.pdf
Download (260kB)
1203111097_Kata_Pengantar.pdf
Download (261kB)
1203111097_Daftar_Isi.pdf
Download (176kB)
1203111097_Daftar_Tabel.pdf
Download (164kB)
1203111097_Daftar_Gambar.pdf
Download (141kB)
1203111097_Daftar_Lampiran.pdf
Download (153kB)
1203111097_BAB_I.pdf
Download (342kB)
1203111097_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203111097_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (783kB)
1203111097_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (853kB)
1203111097_BAB_V.pdf
Download (229kB)
1203111097_Daftar_Pustaka.pdf
Download (237kB)
1203111097_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik berbantuan alat peraga black box terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 104201 Kolam tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen (IV A) berjumlah 25 siswa dan kelas kontrol (IV B) berjumlah 23 siswa dengan teknik total sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal materi operasi hitung bilangan. Tes sebelumnya telah diujicobakan dengan uji validitas, reliabilitas, kesukaran butir soal, dan daya pembeda soal. Dari hasil uji statistik diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 52,20 dan kelas kontrol 52,39. Kemudian diberikan perlakuan dengan pendekatan konvensional pada kelas kontrol dan pendekatan matematika realistik berbantuan alat peraga black box pada kelas eksperimen. Diperoleh hasil nilai rata-rata posttest kelas eskperimen 81,20 dan kelas kontrol 74,34. Hasil uji t diperoleh nilai independent t-test signifikan 0,00047 < 0,05, maka �� ditolak dan �� diterima. Dari data yang diperoleh disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan matematika realistik (PMR) berbantuan alat peraga black box terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 104201 Kolam.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Matematika Realistik, Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 01 Jul 2025 03:25 |
| Last Modified: | 15 Aug 2025 08:42 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61118 |
