PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) BERBANTUAN ALAT PERAGA BLACK BOX TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV

ALFAYANA, NISA (2024) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) BERBANTUAN ALAT PERAGA BLACK BOX TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111097_Cover.pdf] Text
1203111097_Cover.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 1203111097_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111097_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111097_Abstrak.pdf] Text
1203111097_Abstrak.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 1203111097_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111097_Kata_Pengantar.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 1203111097_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111097_Daftar_Isi.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 1203111097_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111097_Daftar_Gambar.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 1203111097_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111097_Daftar_Tabel.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 1203111097_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111097_Daftar_Lampiran.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 1203111097_BAB_I.pdf] Text
1203111097_BAB_I.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 1203111097_BAB_V.pdf] Text
1203111097_BAB_V.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 1203111097_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111097_Daftar_Pustaka.pdf

Download (237kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik berbantuan alat peraga black box terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 104201 Kolam tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen (IV A) berjumlah 25 siswa dan kelas kontrol (IV B) berjumlah 23 siswa dengan teknik total sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal materi operasi hitung bilangan. Tes sebelumnya telah diujicobakan dengan uji validitas, reliabilitas, kesukaran butir soal, dan daya pembeda soal. Dari hasil uji statistik diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 52,20 dan kelas kontrol 52,39. Kemudian diberikan perlakuan dengan pendekatan konvensional pada kelas kontrol dan pendekatan matematika realistik berbantuan alat peraga black box pada kelas eksperimen. Diperoleh hasil nilai rata-rata posttest kelas eskperimen 81,20 dan kelas kontrol 74,34. Hasil uji t diperoleh nilai independent t-test signifikan 0,00047 < 0,05, maka �� ditolak dan �� diterima. Dari data yang diperoleh disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan matematika realistik (PMR) berbantuan alat peraga black box terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 104201 Kolam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Matematika Realistik, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 03:25
Last Modified: 01 Jul 2025 03:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61118

Actions (login required)

View Item
View Item