PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV UPT.SD NEGERI 01 SEISIMUJUR

ARDANA, NATASYA DITA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV UPT.SD NEGERI 01 SEISIMUJUR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111012_Cover.pdf] Text
1203111012_Cover.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 1203111012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (561kB)
[thumbnail of 1203111012_Abstrak.pdf] Text
1203111012_Abstrak.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 1203111012_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111012_Kata_Pengantar.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 1203111012_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111012_Daftar_Isi.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 1203111012_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111012_Daftar_Gambar.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 1203111012_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111012_Daftar_Tabel.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 1203111012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 1203111012_BAB_I.pdf] Text
1203111012_BAB_I.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 1203111012_BAB_V.pdf] Text
1203111012_BAB_V.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 1203111012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (306kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV UPT.SD Negeri 01 Seisimujur. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Lokasi penelitian ini di UPT.SD Negeri 01 Seisimujur. Waktu pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV UPT.SD Negeri 01 Seisimujur. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa yang terdiri dari kelas IVA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa dan kelas IVB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa. Pada hasil analisis data hasil belajar IPAS siswa diperoleh rata-rata (mean) setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran Snowball Throwing adalah nilai pretest 55,34 dan postest sebesar 66,94. Sedangkan siswa di kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional memperoleh hasil nilai rata-rata (mean) pretest sebesar 40,81 dan postest sebesar 50,65. Maka kelompok siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran Snowball Throwing memiliki nilai rata-rata lebih tinggi jika dibandingkan tanpa menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Snowball Throwing, Hasil Belajar, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 06:45
Last Modified: 01 Jul 2025 06:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61098

Actions (login required)

View Item
View Item