Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Case Method dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains

Batubara, Mhd. Khairi Dahlan (2024) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Case Method dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202421010_Cover.pdf] Text
4202421010_Cover.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4202421010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202421010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 4202421010_Abstrak.pdf] Text
4202421010_Abstrak.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 4202421010_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202421010_Kata_Pengantar.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 4202421010_Daftar_Isi.pdf] Text
4202421010_Daftar_Isi.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 4202421010_Daftar_Gambar.pdf] Text
4202421010_Daftar_Gambar.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 4202421010_Daftar_Tabel.pdf] Text
4202421010_Daftar_Tabel.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 4202421010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4202421010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 4202421010_BAB_I.pdf] Text
4202421010_BAB_I.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 4202421010_BAB_V.pdf] Text
4202421010_BAB_V.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 4202421010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202421010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (392kB)

Abstract

Keterampilan Proses Sains Menekankan Pembentukan Keterampilan Peserta Didik Dalam Memprediksi, Mengamati, Mengklasifikasikan, Mengkomunikasikan, Merumuskan, Menyimpulkan Dan Membuktikan Suatu Konsep Sehinnga Dibutuhkan Bahan Ajar Berbasis Case Method Dengan Pendekatan Saintifik. Penelitian Bertujuan Untuk Mengembangkan Bahan Ajar Berbasis Case Method Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Gelombang Bunyi Di MAS Muallimin Univa Medan. Metode Yang Digunakan Dalam Penelitian Yaitu Model ADDIE Yang Terdiri Dari 5 Tahapan Yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Dan Evaluation. Subyek Penelitian Ini Adalah Siswa Kelas XI MIPA Mas Muallimin Univa Medan. Hasil Penelitian Ini Menunjukan Bahan Ajar Case Method Dengan Pendekatan Saintifik Dimana Semua Aspek Saintifik Yang Di Uji Valid Dengan Nilai Rata-Rata Sebesar 0,8 Dengan Kriteria Layak. Keefektifan Bahan Ajar Berbasis Case Method Diperoleh Menggunakan N-Gain Berdasarkan Pre-Test Dan Post-Test Yaitu Sebesar 0,71 Setara Dengan 71% Yang Menunjukkan Bahan Ajar Berbasis Case Method Dengan Pendekatan Saintifik Yang Dikembangkan Efektif Untuk Digunakan Dalam Proses Pembelajaran. Hasil Penelitian Dapat Disimpulkan Bahwa Bahan Ajar Berbasis Case Method Yang Dikembangkan Terbukti Layak Dan Efektif Dalam Memfasilitasi Pembelajaran Yang Lebih Baik Dan Mampu Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa. Bahan Ajar Berbasis Case Method Dengan Pendekatan Saintifik Memiliki Manfaat Dalam Memudahkan Pendidik Dalam Mengukur Keterampilan Proses Sains Setiap Siswa Dengan Mudah Melalui Sebuah Kasus Yang Ada Dalam Lingkungan Sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Case Method; Saintifik; Keterampilan Proses Sains
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 22 Apr 2025 02:45
Last Modified: 22 Apr 2025 02:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61089

Actions (login required)

View Item
View Item