PENGEMBANGAN E-BOOKLET BERBASIS PENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS IPA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SDN 104208 CINTA RAKYAT KAB. DELI SERDANG

Arpah, Siti (2024) PENGEMBANGAN E-BOOKLET BERBASIS PENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS IPA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SDN 104208 CINTA RAKYAT KAB. DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226182028_Cover.pdf] Text
8226182028_Cover.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 8226182028_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226182028_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 8226182028_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226182028_Kata_Pengantar.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 8226182028_Abstrak.pdf] Text
8226182028_Abstrak.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 8226182028_Daftar_Isi.pdf] Text
8226182028_Daftar_Isi.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 8226182028_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226182028_Daftar_Tabel.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 8226182028_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226182028_Daftar_Lampiran.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 8226182028_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226182028_Daftar_Gambar.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 8226182028_BAB_I.pdf] Text
8226182028_BAB_I.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 8226182028_BAB_V.pdf] Text
8226182028_BAB_V.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 8226182028_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226182028_Daftar_Pustaka.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pendekatan STEAM dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar memberikan
dampak positif pada pengalaman belajar siswa. Sumber belajar yang mutakhir
termasuk fasilitas yang mendukung peningkatan kemampuan hasil belajar dan
berpikir kritis siswa, salah satu bentuk sumber belajar tersebut adalah e-booklet
berbasis pendekatan STEAM. E-booklet merupakan buku yang tersedia dalam
wujud digital dan dapat menampilkan teks, gambar, serta video pembelajaran,
kemudian pendekatan STEAM merupakan upaya untuk mengamati,
mengeksplorasi, dan mengajukan pertanyaan terkait fenomena, dengan demikian,
tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui validitas e-bookletberbasis
STEAM pada materi sistem pernapasan manusia (2) mengetahui praktikalitas e
booklet berbasis STEAM pada materi sistem pernapasan manusia; dan (3)
mengetahui efektivitas e-booklet berbasis STEAM dalam meningkatkan hasil
belajar dan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Proses
penelitian dilakukan di SDN 104208 Cinta Rakyat Kabupaten Deli Serdang. Subjek
penelitian ini melibatkan ahli materi, media, dan bahasa, serta guru kelas V dan
siswa kelas VA sebagai eksperimen dan kelas VB sebagai kontrol. Metode
penelitian dengan pendekatan penelitian research and development menggunakan
model ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi,
wawancara, lembar validasi, angket respon guru dan siswa, serta instrumen tes.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan
tes, dengan teknik analisis data uji validitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan
reliabilitas untuk instrumen tes, dan uji normalitas serta paired sample t-test untuk
uji hipotesis penelitian.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) E-booklet
berbasis STEAM yang dikembangkan valid dengan perolehan rata-rata ahli materi
86,3% ; ahli media 83,3%; dan ahli bahasa 91% dengan klasifikasi sangat layak 2)
E-booklet berbasis STEAM yang dikembangkan praktis dengan perolehan rata-rata
skor dari guru kelas V 94% dan perolehan rata-rata kepraktisan siswa 86%
klasifikasi sangat praktis 3) E-booklet berbasis STEAM yang dikembangkan efektif
terhadap hasil belajar dan berpikir kritis dengan perolehan hasil uji t (2-tailed) yang
diperoleh sebesar 0,000 Mengacu pada dasar pengambilan keputusan berarti 0,000
< 0,05 atau Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, disimpulkan terdapat
pengaruh antara e-booklet berbasis STEAM terhadap hasil belajar dan berpikir
kritis siswa materi sistem pernapasan pada manusia di siswa kelas V SDN 104208
Cinta Rakyat.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: e-booklet, pendekatan STEAM, hasil belajar, berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 12 Mar 2025 07:40
Last Modified: 12 Mar 2025 07:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61084

Actions (login required)

View Item
View Item