TAMPUBOLON, NADIA (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD 104254 SIDODADI RAMUNIA PADA MATERI AYO BERKENALAN DENGAN BUMI KITA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203111138_Cover.pdf
Download (50kB)
1203111138_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (832kB)
1203111138_Abstrak.pdf
Download (149kB)
1203111138_Kata_Pengantar.pdf
Download (939kB)
1203111138_Daftar_Isi.pdf
Download (74kB)
1203111138_Daftar_Tabel.pdf
Download (91kB)
1203111138_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
1203111138_Daftar_Lampiran.pdf
Download (37kB)
1203111138_BAB_I.pdf
Download (307kB)
1203111138_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (685kB)
1203111138_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (736kB)
1203111138_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (993kB)
1203111138_BAB_V.pdf
Download (176kB)
1203111138_Daftar_Pustaka.pdf
Download (249kB)
1203111138_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media pembelajaran video canva terhadap hasil belajar siswa kelas V dengan di SDN 104254 Sidodadi Ramunia pada tahun ajaran 2023/2024. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa, terutama dalam pembelajaran IPAS, dilihat pada saat observasi yang dilakukan diantaranya kegiatan belajar mengajar siswa kurang bersemangat dan kelihatan bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SDN 104254 Sidodadi Ramunia menggunakan metode penelitian Quasi Experimental. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-A dan V-B dengan jumlah 42 siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dengan menggunakan media pembelajaran video canva pada saat pembelajaran. Data dikumpulkan melalui lembar pretest posttest. Analisis data meliputi perhitungan skor/nilai individu. Berdasarkan analisis data siswa diperoleh nilai rata-rata dari pretest adalah 25,68 sedangkan rata-rata dari posttest adalah 72,05. Hal tersebut ditunjukkan melalui hasil analisis uji hipotesis yang dilakukan dengan uji-t dengan memperoleh Tℎ����� > T����� yaitu (9,71 > 1,68). Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan hipotesis alternatif dalam penelitian ini diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran video canva terhadap hasil belajar siswa kelas V SD 104254 Sidodadi Ramunia pada materi ayo berkenalan dengan bumi kita.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran, Canva, Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 01 Jul 2025 06:47 |
| Last Modified: | 15 Aug 2025 08:17 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61053 |
