PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V UPT SDN 066650 MEDAN

IZZAH, NADIA ANIL (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V UPT SDN 066650 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111100_Cover.pdf] Text
1203111100_Cover.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 1203111100_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111100_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of 1203111100_Abstrak.pdf] Text
1203111100_Abstrak.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 1203111100_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111100_Kata_Pengantar.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of 1203111100_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111100_Daftar_Isi.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 1203111100_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111100_Daftar_Gambar.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 1203111100_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111100_Daftar_Tabel.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 1203111100_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111100_Daftar_Lampiran.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 1203111100_BAB_I.pdf] Text
1203111100_BAB_I.pdf

Download (717kB)
[thumbnail of 1203111100_BAB_V.pdf] Text
1203111100_BAB_V.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of 1203111100_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111100_Daftar_Pustaka.pdf

Download (591kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan instrument evaluasi pembelajaran berbasis web menggunakan aplikasi Quizizz yang layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Adapun penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development and Dissemination). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 066650 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, validasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrument evaluasi pembelajaran berbasis web menggunakan aplikasi Quizizz sangat layak, praktis dan efektif untuk digunakan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penilaian akhir dengan rincian validator ahli evaluasi memperoleh persentase 96,36%, dari ahli materi memperoleh persentase 95,65%, dari ahli media memperoleh persentase 93,84%, dari ahli praktikalitas memperoleh persentase 96,7%. Berdasarkan hasil pretest dan posttest, dapat disimpulkan bahwa instrumen evaluasi pembelajaran berbasis web yang menggunakan aplikasi Quizizz menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam efektivitas. Nilai rata-rata pretest sebesar 45,7 dikategorikan sebagai “Tidak Efektif” dan nilai rata-rata posttest sebesar 86,15 menunjukkan kategori “Efektif”. Seluruh siswa berhasil melewati posttest dengan nilai di atas Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), yaitu 67. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa instrument evaluasi berbasis web menggunakan aplikasi Quizizz yang layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Instrumen, Evaluasi, web, Hasil belajar, Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 06:48
Last Modified: 01 Jul 2025 06:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61045

Actions (login required)

View Item
View Item