PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 104201 KOLAM

BATUBARA, NADA ANGGRAINI (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 104201 KOLAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111103_Cover.pdf] Text
1203111103_Cover.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of 1203111103_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111103_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111103_Abstrak.pdf] Text
1203111103_Abstrak.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 1203111103_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111103_Kata_Pengantar.pdf

Download (917kB)
[thumbnail of 1203111103_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111103_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111103_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111103_Daftar_Gambar.pdf

Download (801kB)
[thumbnail of 1203111103_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111103_Daftar_Tabel.pdf

Download (802kB)
[thumbnail of 1203111103_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111103_Daftar_Lampiran.pdf

Download (802kB)
[thumbnail of 1203111103_BAB_I.pdf] Text
1203111103_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111103_BAB_V.pdf] Text
1203111103_BAB_V.pdf

Download (971kB)
[thumbnail of 1203111103_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111103_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) Mengetahui kelayakan bahan ajar digital berbasis kearifan lokal pada pelajaran Bahasa Indonesia. (2) Mengetahui kepraktisan bahan ajar digital berbasis kearifan lokal pada pelajaran Bahasa Indonesia. (3) Mengetahui keefektifan bahan ajar digital berbasis kearifan lokal pada pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Developmet) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima fase pengembangan adalah: Analyze, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A SD Negeri 104201 Kolam yang terdiri dari 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, dan lebar soal pre-test dan post-test. Penelitian pengembangan ini menghasilkan: (1) Uji kelayakan bahan ajar digital oleh ahli materi terdapat dalam klasifikasi “Sangat Layak” berada pada persentase 95,8%, serta ahli desain bahan ajar terdapat dalam klasifikasi “Sangat layak” berada pada persentase 88,75%, (2) Uji kepraktisan bahan ajar digital oleh wali kelas V-A yang mana klasifikasi terdapat alam “Sangat Praktis” dengan persentase 92,5%, (3) Uji keefektifan terdapat perbedaan yang signifikan anatar hasil belajar yang tidak menggunakan bahan ajar digital berbasis kearifan lokal dengan nilai rata-rata 40,2 mengalami peningkatan setelah belajar menggunakan bahan ajar digital berbassis kearifan lokal dengan nilai rata-rata 80,6. Bedasarkan hasil penelitian tersebut disarankan bagi pendidik supaya dapat mengemmbangkan bahan ajar digital berbasis kearifan lokal untuk menciptakan pembelajaran yang efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Bahan ajar, Digital, Kearifan Lokal, Pembelajaran, Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 06:49
Last Modified: 01 Jul 2025 06:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61042

Actions (login required)

View Item
View Item