PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 1 SUBTEMA 2 KELAS V SDN 11 BANDAR SONO KAB. BATU BARA T.A 2023-2024

JANNAH, MIFTAHUL (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 1 SUBTEMA 2 KELAS V SDN 11 BANDAR SONO KAB. BATU BARA T.A 2023-2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1191111061_Cover.pdf] Text
1191111061_Cover.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 1191111061_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191111061_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (855kB)
[thumbnail of 1191111061_Abstrak.pdf] Text
1191111061_Abstrak.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1191111061_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191111061_Kata_Pengantar.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of 1191111061_Daftar_Isi.pdf] Text
1191111061_Daftar_Isi.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 1191111061_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191111061_Daftar_Gambar.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 1191111061_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191111061_Daftar_Tabel.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 1191111061_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191111061_Daftar_Lampiran.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 1191111061_BAB_I.pdf] Text
1191111061_BAB_I.pdf

Download (964kB)
[thumbnail of 1191111061_BAB_V.pdf] Text
1191111061_BAB_V.pdf

Download (799kB)
[thumbnail of 1191111061_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191111061_Daftar_Pustaka.pdf

Download (898kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui penerapan penggunaan model
pembelajaran cooperative learning tipe talking stick di kelas V SD Negeri 11 Bandar
Sono T.A 2023/2024, 2) hasil belajar siswa pada tema 1 subtema 2 dengan penerapan
model pembelajaran cooperative learning tipe talking stick di kelas V SD Negeri 11
Bandar Sono T.A 2023/2024, dan 3) pengaruh yang signifikan penggunaan model
pembelajaran cooperative learning talking stick terhadap hasil belajar siswa pada tema 1
subtema 2 kelas V SD Negeri 11 Bandar Sono T.A 2023/2024. Permasalahan dalam
penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 11 Bandar Sono. Jenis penelitian ini adalah
quasi eksperiment dengan rancangan penelitian control group pretest dan posttest design.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu kelas
eksperimen sebanyak 30 siswa kelas V-A dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa kelas VB.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa nilai rata-rata prestest pada kelas eksperimen
yaitu 48,80 dan nilai rata rata postest yaitu 72,20, sedangkan pada kelas kontrol
menyatakan bahwa nilai rata-rata pretest yaitu 46,27 dan nilai rata-rata postest yaitu
54,93. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran talking stick
terhadap hasil belajar siswa pada tema 1 subtema 2 di kelas V SD Negeri 11 Bandar Sono.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis I di peroleh diperoleh ttabel sebesar 5,488 dan thiung
sebesar 1,699 yang berarti thitung > ttabel maka Ha diteriman dan H0 ditolak yaitu model
pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Hipotesis II diperoleh nilai t58 = 1,67. Karena thitung > ttabel yaitu 5,67 > 1,67. Berdasarkan
hasil dari analisis data dan uji statistik serta pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan
bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran talking stick
lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang tidak dibelajarkan dengan model
pembelajaran talking stick.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Talkisng Stick, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 06:53
Last Modified: 01 Jul 2025 06:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61023

Actions (login required)

View Item
View Item