Pengaruh Model Quantum Learning Berbantuan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di Kelas XI SMA Dharmawangsa

Mandalahi, Kristina Triani (2024) Pengaruh Model Quantum Learning Berbantuan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di Kelas XI SMA Dharmawangsa. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203121044_Cover.pdf] Text
4203121044_Cover.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 4203121044_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203121044_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of 4203121044_Abstrak.pdf] Text
4203121044_Abstrak.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 4203121044_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203121044_Kata_Pengantar.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 4203121044_Daftar_Isi.pdf] Text
4203121044_Daftar_Isi.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 4203121044_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203121044_Daftar_Gambar.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 4203121044_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203121044_Daftar_Tabel.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 4203121044_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203121044_Daftar_Lampiran.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 4203121044_BAB_I.pdf] Text
4203121044_BAB_I.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 4203121044_BAB_V.pdf] Text
4203121044_BAB_V.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 4203121044_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203121044_Daftar_Pustaka.pdf

Download (251kB)

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Quantum Learning Berbantuan Mind Mapping Dan Pembelajaran Konvensional, Serta Mengetahui Aktivitas Belajar Siswa. Jenis Penelitian Yang Dilakukan Adalah Quasi Experiment Dengan Desain Penelitian Two Group Pretest-Posttest Design. Populasi Penelitian Adalah Seluruh Siswa Kelas XI MIPA Yang Terdiri Dari 7 Kelas. Pengambilan Sampel Dilakukan Dengan Cara Cluster Random Sampling. Kelas XI MIPA 7 Sebagai Kelas Eksperimen Dengan Menggunakan Model Quantum Learning Berbantuan Mind Mapping Dan Kelas XI MIPA 1 Sebagai Kelas Kontrol Dengan Menggunakan Pembelajaran Konvensional. Instrumen Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Tes Hasil Belajar Ranah Kognitif Berupa Soal Essay Sebanyak 10 Soal Yang Terlebih Dahulu Divalidasi Oleh Para Ahli. Berdasarkan Hasil Pengolahan Data Pretest Diperoleh Nilai Ratarata Kelas Eksperimen 46,33 Dan Kelas Kontrol 44,91. Pada Pengujian Normalitas Dan Homogenitas Data Pretest Kedua Kelas Berdistribusi Normal Dan Homogen. Hasil T Uji Dua Pihak Data Pretest Diperoleh Bahwa Kedua Kelas Memiliki Kemampuan Awal Yang Sama. Setelah Diberikan Perlakuan Diperoleh Nilai Rata-Rata Posttest Kelas Eksperimen 78,66 Dan Kelas Kontrol 69,33. Hasil Pengujian Hipotesis Uji T Satu Pihak Pada Taraf � = 0,05 Diperoleh �ℎ����� > ������ = 5,241 > 1,671, Sehingga Dapat Disimpulkan Bahwa Nilai Rata-Rata Yang Diperoleh Kelas Eksperimen > Kelas Kontrol Setelah Diberi Perlakuan. Maka, Hipotesis (Ha) Diterima, Sehingga Ada Pengaruh Yang Signifikan Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Di Kelas XI SMA Dharmawangsa Medan. Nilai Rata-Rata Aktivitas Belajar Siswa Pada Kelas Eksperimen Selama Pembelajaran Berlangsung Sebesar 73,32 Termasuk Dalam Kategori Aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengaruh, Model Quantum Learning; Mind Mapping; Hasil Belajar; Elastisitas Dan Hukum Hooke.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 12 Mar 2025 02:13
Last Modified: 12 Mar 2025 02:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60964

Actions (login required)

View Item
View Item