PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SFaE (STUDENT FASILITATOR AND EXPLANING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 SUBTEMA 1 KELAS 5 SD 030385 ANTUANG T.A 2023/2024

MANALU, MARTUPA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SFaE (STUDENT FASILITATOR AND EXPLANING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 SUBTEMA 1 KELAS 5 SD 030385 ANTUANG T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1191111007_Cover.pdf] Text
1191111007_Cover.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 1191111007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191111007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 1191111007_Abstrak.pdf] Text
1191111007_Abstrak.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 1191111007_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191111007_Kata_Pengantar.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 1191111007_Daftar_Isi.pdf] Text
1191111007_Daftar_Isi.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 1191111007_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191111007_Daftar_Gambar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1191111007_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191111007_Daftar_Tabel.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1191111007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191111007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1191111007_BAB_I.pdf] Text
1191111007_BAB_I.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 1191111007_BAB_V.pdf] Text
1191111007_BAB_V.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1191111007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191111007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (212kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah pengaruh penggunaan model pembelajaran Student
Facilitator and Explaining (SFaE) terhadap hasil belajar siswa SDN 030385
Antuang.Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen yang melibatkan satu
kelompok eksperimen dengan rancangan penelitian One-group pretestposttestdesign.
Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes hasil.
Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas V SDN 030385 Antuang sebanyak 28 orang. Hasil penelitian
menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Student
Facilitator and Explaining (SFaE) terhadap aktivitas dan hasil belajar tematik
siswa kelas V SDN 030385 Antuang. Hal tersebut terlihat pada saat proses
pembelajaran berlangsung, semua siswa sangat bersemangat dan antusias dalam
belajar. Sedangkan, untuk hasil belajar dapat dilihat dari perbandingan antara nilai
pre-test dan posttest. Nilai rata- rata pretest yang diperoleh sebesar 33,86 berada
pada interval 0-54 yang termasuk dalam kategori sangat rendah. Sedangkan nilai
rata- rata post test yang diperoleh yaitu sebesar 76,59 berada pada interval 75-84
yang berarti berada pada kategori tinggi. Selain itu juga digunakan perhitungaan
uji t- tes. Hasil penelitian diperoleh, nilai tHitung = 8,115 dan tTabel = 3,819.
Maka tHitung > tTabel atau 8,115> 3,819. Maka hipotesis yang berbunyi terdapat
pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran Student Facilitator and
Explaining (SFaE) terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDN 030385
antuang dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar tematik dan Student Facilitator and Explaining (SFaE)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 06:59
Last Modified: 01 Jul 2025 06:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60919

Actions (login required)

View Item
View Item