MANALU, MARTUPA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SFaE (STUDENT FASILITATOR AND EXPLANING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 SUBTEMA 1 KELAS 5 SD 030385 ANTUANG T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1191111007_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111007_Cover.pdf
Download (164kB)
![[thumbnail of 1191111007_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (351kB)
![[thumbnail of 1191111007_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111007_Abstrak.pdf
Download (141kB)
![[thumbnail of 1191111007_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111007_Kata_Pengantar.pdf
Download (201kB)
![[thumbnail of 1191111007_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111007_Daftar_Isi.pdf
Download (157kB)
![[thumbnail of 1191111007_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111007_Daftar_Gambar.pdf
Download (109kB)
![[thumbnail of 1191111007_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111007_Daftar_Tabel.pdf
Download (111kB)
![[thumbnail of 1191111007_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 1191111007_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111007_BAB_I.pdf
Download (379kB)
![[thumbnail of 1191111007_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111007_BAB_V.pdf
Download (140kB)
![[thumbnail of 1191111007_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (212kB)
Abstract
Penelitian ini menelaah pengaruh penggunaan model pembelajaran Student
Facilitator and Explaining (SFaE) terhadap hasil belajar siswa SDN 030385
Antuang.Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen yang melibatkan satu
kelompok eksperimen dengan rancangan penelitian One-group pretestposttestdesign.
Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes hasil.
Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas V SDN 030385 Antuang sebanyak 28 orang. Hasil penelitian
menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Student
Facilitator and Explaining (SFaE) terhadap aktivitas dan hasil belajar tematik
siswa kelas V SDN 030385 Antuang. Hal tersebut terlihat pada saat proses
pembelajaran berlangsung, semua siswa sangat bersemangat dan antusias dalam
belajar. Sedangkan, untuk hasil belajar dapat dilihat dari perbandingan antara nilai
pre-test dan posttest. Nilai rata- rata pretest yang diperoleh sebesar 33,86 berada
pada interval 0-54 yang termasuk dalam kategori sangat rendah. Sedangkan nilai
rata- rata post test yang diperoleh yaitu sebesar 76,59 berada pada interval 75-84
yang berarti berada pada kategori tinggi. Selain itu juga digunakan perhitungaan
uji t- tes. Hasil penelitian diperoleh, nilai tHitung = 8,115 dan tTabel = 3,819.
Maka tHitung > tTabel atau 8,115> 3,819. Maka hipotesis yang berbunyi terdapat
pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran Student Facilitator and
Explaining (SFaE) terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDN 030385
antuang dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar tematik dan Student Facilitator and Explaining (SFaE) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 06:59 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60919 |