UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DI RA SUBULUL HUDA SAENTIS TAHUN AJARAN 2015/ 2016.

Zulviana, Ika (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DI RA SUBULUL HUDA SAENTIS TAHUN AJARAN 2015/ 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 COVER.pdf]
Preview
Text
01 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 02 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (860kB) | Preview
[thumbnail of 03 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 04 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04 PREFACE.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 05 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 06 TABLES.pdf]
Preview
Text
06 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 07 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 08 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 09 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 13 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 14 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 16 BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
16 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di RA Subulul Huda Saentis . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode Bercakap-cakap dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 20 orang anak yang terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 12 orang anak perempuan. Pelaksanaan PTK dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Berdasarkan analisi data yang diperoleh bahwa hasil belajar anak selama proses pembelajaran, berlangsung menunjukkan adanya peningkatan yang baik.
Peningkatan kemampuan berbicara anak pada siklus I pertemuan 1 diperoleh nilai rata-rata 8,25 % , yang tergolong dalam kemampuan berbicara sangat baik 0 (0%) , anak yang tergolong baik 0 (0 %) , anak yang tergolong cukup 17 (85%) , dan anak yang kurang 3 (15%). Hasil pengamatan pertemuan II diperoleh nilai rata-rata 9,5 %, anak yang tergolong sangat baik 0 (0%), anak yang tergolong baik 2 (10%), anak yang tergolong cukup 18 (90%), anak yang kemampuan berbicaranya kurang 0 (0%). Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh nilai rata-rata anak 14,2 %, anak yang tergolong sangat baik 7 (35%), anak yang tergolong baik 8 (40%), anak yang tergolong cukup 5 (25%), dan anak yang tergolong kemampuan berbicaranya kurang 0 (0%). Hasil pengamatan pertemuan II diperoleh nilai rata-rata anak 15,9 %, anak yang tergolong sangat baik 11 (55%), anak yang tergolong baik 7 (35%), anak yang tergolong cukup 2 (10%), dan anak yang tergolong kemampuan berbicaranya kurang 0 (0%). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dengan menerapkan metode bercakap-cakap dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di RA Subulul Huda T.A 2015-2016. Setelah mengamati hasil analisis data dapat dikatakan bahwa anak mengalami peningkatan kemampuan berbicara anak. Pada siklus I terjadi perkembangan yang signifikan sebesar 1,25%, siklus II ini terjadi perkembangan yang signifikan sebesar 1,7 %.
Dengan demikian penggunaan Metode Bercakap - Cakap Dapat Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Subulul Huda Saentis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PAUD 006
Keywords: PAUD; Metode Bercakap-cakap
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Jul 2016 01:37
Last Modified: 15 Jul 2016 01:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6091

Actions (login required)

View Item
View Item