Zulviana, Ika (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DI RA SUBULUL HUDA SAENTIS TAHUN AJARAN 2015/ 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (860kB) | Preview
03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
06 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
09 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
13 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
16 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di RA Subulul Huda Saentis . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode Bercakap-cakap dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 20 orang anak yang terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 12 orang anak perempuan. Pelaksanaan PTK dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Berdasarkan analisi data yang diperoleh bahwa hasil belajar anak selama proses pembelajaran, berlangsung menunjukkan adanya peningkatan yang baik.
Peningkatan kemampuan berbicara anak pada siklus I pertemuan 1 diperoleh nilai rata-rata 8,25 % , yang tergolong dalam kemampuan berbicara sangat baik 0 (0%) , anak yang tergolong baik 0 (0 %) , anak yang tergolong cukup 17 (85%) , dan anak yang kurang 3 (15%). Hasil pengamatan pertemuan II diperoleh nilai rata-rata 9,5 %, anak yang tergolong sangat baik 0 (0%), anak yang tergolong baik 2 (10%), anak yang tergolong cukup 18 (90%), anak yang kemampuan berbicaranya kurang 0 (0%). Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh nilai rata-rata anak 14,2 %, anak yang tergolong sangat baik 7 (35%), anak yang tergolong baik 8 (40%), anak yang tergolong cukup 5 (25%), dan anak yang tergolong kemampuan berbicaranya kurang 0 (0%). Hasil pengamatan pertemuan II diperoleh nilai rata-rata anak 15,9 %, anak yang tergolong sangat baik 11 (55%), anak yang tergolong baik 7 (35%), anak yang tergolong cukup 2 (10%), dan anak yang tergolong kemampuan berbicaranya kurang 0 (0%). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dengan menerapkan metode bercakap-cakap dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di RA Subulul Huda T.A 2015-2016. Setelah mengamati hasil analisis data dapat dikatakan bahwa anak mengalami peningkatan kemampuan berbicara anak. Pada siklus I terjadi perkembangan yang signifikan sebesar 1,25%, siklus II ini terjadi perkembangan yang signifikan sebesar 1,7 %.
Dengan demikian penggunaan Metode Bercakap - Cakap Dapat Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Subulul Huda Saentis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 006 |
Keywords: | PAUD; Metode Bercakap-cakap |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Jul 2016 01:37 |
Last Modified: | 15 Jul 2016 01:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6091 |