PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 3 SIJAMBUR

MANIK, LORENTINA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 3 SIJAMBUR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111167_Cover.pdf] Text
1203111167_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 1203111167_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111167_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 1203111167_Abstrak.pdf] Text
1203111167_Abstrak.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 1203111167_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111167_Kata_Pengantar.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 1203111167_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111167_Daftar_Isi.pdf

Download (553kB)
[thumbnail of 1203111167_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111167_Daftar_Gambar.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 1203111167_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111167_Daftar_Tabel.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 1203111167_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111167_Daftar_Lampiran.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 1203111167_BAB_I.pdf] Text
1203111167_BAB_I.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of 1203111167_BAB_V.pdf] Text
1203111167_BAB_V.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 1203111167_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111167_Daftar_Pustaka.pdf

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menegetahui tingkat
kelayakan,kepraktikalitas, dan keefektivan dari media pengembangan media
pembelajaran video animasi berbasis Powtoon pada mata pelajaran IPAS kelas V
SD N 3 Sijambur. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan
ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 16 orang yang terdiri 9 orang laki-laki dan 7
orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas
observasi, wawancara, angket dan tes. Adapun instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini meliputi instrumen wawancara, instrumen ahli (angket, tes, media,
dan materi). Instrumen praktikalitas (angket respon guru dan angket respon siswa)
dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan hasil kelayakan produk
mendapatkan persentase 86,6 dan termasuk kategori sangat layak. Hasil
praktikalitas produk mendapatkan persentase 91,3 dan termasuk kategori sangat
praktis. Hasil efektifitas produk memperoleh hasil 0,75 dan termasuk kategori
sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi
berbasis Powtoon pada mata pelajaran IPAS kelas V SD N 3 Sijambur dinyatakan
layak, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran, Video Animasi, Powtoon
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 01:29
Last Modified: 02 Jul 2025 01:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60906

Actions (login required)

View Item
View Item