Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation Terhadap Hasil Belajar Fisika SMA Pada Materi Energi

Sitanggang, Imelda Cecilia (2024) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation Terhadap Hasil Belajar Fisika SMA Pada Materi Energi. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203121059_Cover.pdf] Text
4203121059_Cover.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4203121059_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203121059_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (945kB)
[thumbnail of 4203121059_Abstrak.pdf] Text
4203121059_Abstrak.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 4203121059_Kata_Pengantar.PDF] Text
4203121059_Kata_Pengantar.PDF

Download (205kB)
[thumbnail of 4203121059_Daftar_Isi.pdf] Text
4203121059_Daftar_Isi.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 4203121059_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203121059_Daftar_Gambar.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 4203121059_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203121059_Daftar_Tabel.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 4203121059_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203121059_Daftar_Lampiran.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 4203121059_BAB_I.pdf] Text
4203121059_BAB_I.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of 4203121059_BAB_II.pdf] Text
4203121059_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[thumbnail of 4203121059_BAB_III.pdf] Text
4203121059_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[thumbnail of 4203121059_BAB_IV.pdf] Text
4203121059_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[thumbnail of 4203121059_BAB_V.pdf] Text
4203121059_BAB_V.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 4203121059_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203121059_Daftar_Pustaka.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 4203121059_Lampiran.pdf] Text
4203121059_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penerapan Pembelajaran Yang Kurang Berdiferensiasi Mengakibatkan Kurangnya Peran Aktif Peserta Didik Dalam Belajar Fisika Dan Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik. Penggunaan Model Discovery Learning Dapat Menjadi Salah Satu Alternatif Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Dan Akan Lebih Efektif Dengan Bantuan Media Simulasi Phet. Penelitian Dilakukan Dengan Tujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Phet (Physics Education Technology) Simulation Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Energi Di Sma Swasta Indonesia Membangun Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis Penelitian Adalah Penelitian Quasi Eksperimen Dengan Desain Penelitian Two Group Pretest Posttest Design. Populasi Dalam Penelitian Adalah Seluruh Siswa Kelas X Sma Swasta Indonesia Membangun Medan Yang Terdiri Dari 3 Kelas. Pengambilan Sampel Dilakukan Dengan Teknik Cluster Random Sampling Yang Terdiri Dari Dua Kelas Yaitu Kelas X-1 Sebagai Kelas Eksperimen Dan X-2 Sebagai Kelas Kontrol Dengan Masing-Masing Kelas Berjumlah 30 Siswa. Instrumen Yang Digunakan Dalam Penelitian Adalah Instrumen Tes Berupa Soal Essay Sebanyak 5 Soal Yang Terlebih Dahulu Divalidasi Untuk Kedua Kelas Sampel. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Adalah Uji T Dengan Taraf Signifikan Α=0,05. Berdasarkan Hasil Penelitian Menunjukkan Terdapat Pengaruh Yang Signifikan Dari Model Discovery Learning Berbantuan Phet Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sma Swasta Indonesia Membangun Medan. Hasil Penelitian Menunjukkan Tingkat Pemahaman Dari Hasil Belajar Peserta Didik Dan Penelitian Dapat Dijadikan Sumber Atau Acuan Dalam Menerapkan Pembelajaran Yang Sejalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Discovery Learning, Phet Simulation, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2366 College examinations
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 12 Mar 2025 01:30
Last Modified: 25 Jun 2025 05:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60901

Actions (login required)

View Item
View Item