Jumiarsih (2016) UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE TANYA JAWAB DI TK PUTRI PARIMA MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (679kB) | Preview
03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
06 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
07 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
08 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
12 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
13 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah : (1) aktivitas anak masih rendah, (2) guru kurang melakukan metode tanya jawab, (3) kurangnya kemampuan anak dalam berbahasa yang baik dan pasih, (4) anak masih malu-malu ketika ditanya tentang kegiatan yang dilakukan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun di TK Putri Pariama.
Jenis penelitian ini yang digunakan penulis adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelas B yang berjumlah 20 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan penulis adalah lembar observasi. Tehnik analisis data menggunakan rumus Pi = f/n x 100%.
Hasil analisis siklus I diperoleh data bahwa sebanyak 18 orang (90%) anak yang tergolong cukup 2 orang anak (10%) yang tergolong baik dengan rata-rata nilai 47,49%. Dari data hasil observasi tersebut sehingga perlu dilakukan pembelajaran melalui metode tanya jawab yang lebih baik pada siklus 2. Dari hasil analisis siklus 2 diperoleh hasil bahwa kemampuan bahasa anak meningkat yaitu bahwa jumlah anak yang kemampuan bahasa tergolong sangat baik bertambah menjadi 18 orang (87,45%) anak yang tergolong baik menjadi 20 orang (12,55%) dengan rata-rata 5,25%.
Dari penelitian yang dilakukan pada siklus I dan siklus II diperoleh bahwa kemampuan bahasa anak pada siklus I rata-ratanya adalah 2,25 (37,49%) atau termasuk kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 5,25 (87,45%) atau termasuk kategori sangat baik, dengan peningkatan sebesar 0,39 (39,96%). Dari hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan melalui metode tanya jawab dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK PUTRI PARIAMA SUNGGAL Tahun Ajaran 2015-2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 021 |
Keywords: | Kemampuan Berbahasa Anak; Metode Tanggung Jawab; PAUD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Jul 2016 01:29 |
Last Modified: | 15 Jul 2016 01:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6090 |