PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS KELAS X SMA SWASTA NASRANI 2 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Sitohan, Hotlen (2024) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS KELAS X SMA SWASTA NASRANI 2 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4171121013_Cover.pdf] Text
4171121013_Cover.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 4171121013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4171121013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (538kB)
[thumbnail of 4171121013_Abstrak.pdf] Text
4171121013_Abstrak.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4171121013_Kata_Pengantar.pdf] Text
4171121013_Kata_Pengantar.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 4171121013_Daftar_Isi.pdf] Text
4171121013_Daftar_Isi.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 4171121013_Daftar_Gambar.pdf] Text
4171121013_Daftar_Gambar.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 4171121013_Daftar_Tabel.pdf] Text
4171121013_Daftar_Tabel.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 4171121013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4171121013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 4171121013_BAB_I.pdf] Text
4171121013_BAB_I.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of 4171121013_BAB_II.pdf] Text
4171121013_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[thumbnail of 4171121013_BAB_III.pdf] Text
4171121013_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[thumbnail of 4171121013_BAB_IV.pdf] Text
4171121013_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[thumbnail of 4171121013_BAB_V.pdf] Text
4171121013_BAB_V.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 4171121013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4171121013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 4171121013_Lampiran.pdf] Text
4171121013_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Kinematika Gerak untuk siswa kelas X di SMA Nasrani 2 Medan. Pengembangan modul ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep fisika, khususnya pada materi Kinematika Gerak, serta kurangnya penggunaan bahan ajar berupa modul dalam proses pembelajaran di sekolah.Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap Develop (pengembangan). Tahap Define (pendefinisian) meliputi analisis kebutuhan dan studi literatur. Tahap Design (perancangan) meliputi penyusunan kerangka modul, pemilihan format dan desain awal modul. Tahap Develop (pengembangan) meliputi validasi modul oleh ahli materi, ahli media, dan uji coba terbatas pada siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran fisika berbasis PBL pada materi Kinematika Gerak yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang sangat baik, dengan skor rata-rata validasi ahli materi sebesar 81,55% dan ahli media sebesar 81,95%. Selain itu, uji coba terbatas pada siswa menunjukkan bahwa modul memiliki tingkat kepraktisan dan keefektifan yang sangat baik, dengan skor rata-rata respon siswa sebesar 81,20%. Modul ini juga terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Dengan demikian, modul pembelajaran fisika berbasis PBL pada materi Kinematika Gerak ini layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Modul; Pembelajaran fisika; Problem based learning; Kinematika gerak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jun 2025 09:24
Last Modified: 24 Jun 2025 09:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60868

Actions (login required)

View Item
View Item