Sipayung, Hanna Anita Putri (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS STEM PADA MATERI GELOMBANG BUNYI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4201121024_Cover.pdf
Download (83kB)
4201121024_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (209kB)
4201121024_Abstrak.pdf
Download (67kB)
4201121024_Kata_Pengantar.pdf
Download (103kB)
4201121024_Daftar_Isi.pdf
Download (74kB)
4201121024_Daftar_Gambar.pdf
Download (37kB)
4201121024_Daftar_Tabel.pdf
Download (39kB)
4201121024_Daftar_Lampiran.pdf
Download (65kB)
4201121024_BAB_I.pdf
Download (240kB)
4201121024_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (334kB)
4201121024_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (196kB)
4201121024_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4201121024_BAB_V.pdf
Download (37kB)
4201121024_Daftar_Pustaka.pdf
Download (244kB)
4201121024_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul fisika berbasis STEM pada materi Gelombang Bunyi yang dikembangkan, mengetahui kepraktisan e-modul fisika berbasis STEM pada materi Gelombang Bunyi yang dikembangkan, dan mengetahui keefektifan e-modul fisika berbasis STEM pada materi Gelombang bunyi yang dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model dari 4D yaitu Define, Design, Develop dan Dissemination. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen kelayakan, instrumen kepraktisan dan instrumen tes. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa pengembangan e-modul pembelajaran fisika berbasis STEM pada materi Gelombang Bunyi. Berdasarkan validasi ahli materi, ahli media dan ahli strategi pembelajaran diperoleh persentase validasi ahli materi 95.08%, validasi ahli media 94.98% dan validasi ahli strategi pembelajaran 90.62% dengan kategori sangat layak. Hasil instrumen kepraktisan oleh siswa uji kelompok kecil diperoleh rata-rata 85.19% dan uji kelompok besar diperoleh rata-rata 87.01% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tes kognitif siswa, peningkatan hasil belajar siswa menggunakan N-gain memperoleh nilai 0.64 dengan kategori sedang dan dari hasil uji efektivitas dengan uji t memperoleh nilai sig. 0.000 < 0.05 sehingga e-modul berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Kemudian berdasarkan perhitungan Effect Size dampak dari penggunaan e-modul fisika berbasis STEM memberi hasil nilai efek yang tinggi dengan nilai 2.45. Hasil penilaian oleh ahli materi, ahli media dan ahli strategi dan respon siswa maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul pembelajaran fisika berbasis STEM pada materi Gelombang Bunyi sangat layak dan sangat praktis digunakan sebagai bahan ajar pada proses pembelajaran. Berdasarkan uji efektivitas e-modul yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | E-modul; Gelombang bunyi; Hasil belajar; Pembelajaran STEM; Bahan ajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 24 Jun 2025 09:15 |
| Last Modified: | 24 Jun 2025 09:15 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60859 |
