Simbolon, Obet Debora (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN PERMAINAN FINGER PAINTING DI TK BUDI TAHUN AJARAN 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
06 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
12 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
13 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Budi Setia masih rendah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Finger Painting terhadap peningkatan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Budi Setia
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan Finger Painting dalam mningkatan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Budi Setia
Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Budi Setia yang berjumlah 20 orang anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah tindakan sebagai penggunaan permainan Finger Painting untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun.
Hasil Penelitian siklus I pada pertemuan 1 nilai rata-rata 3,85 dan pertemuan 2 dengan nilai rata-rata 4,5. Oleh karena itu, terdapat 2 orang anak 10%) tergolong baik, sebanyak 14 orang anak (35%) tergolong cukup, dan sebanyak 4 orang anak (20%) tergolong kurang. Hal ini berarti kegiatan permainan Finger Painting yang di terapkan pada siklus 1 dapat mengembangkan kemampuan keterampilan motorik halus anak namun masih kurang optimal, sebab masih terdapat 4 orang anak (20%) yang tergolong kurang, sehingga perlu dilakukan pembelajaran pada siklus II. Pada siklus II dilakukan perbaikan pembelajaran dengan tetap mengunakan kegiatan permainan Finger Painting, Dengan hasil sebagai berikut anak yang tergolong sangat baik menjadi 4 orang (20%), dan anak yang tergolong baik menjadi 7 orang (35%), sedangkan anak yang tergolong cukup menjadi 9 orang (45%), dan anak yang tergolong kurang baik sudah tidak ada lagi.
Dengan demikian permainan Finger Painting dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Budi Setia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 012 |
Keywords: | Keterampilan Motorik Halus; Permainan Finger Paintig |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 08:24 |
Last Modified: | 14 Jul 2016 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6085 |