PENGEMBANGAN MODUL HYPERCONTENT BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI GERAK HARMONIS SEDERHANA DI KELAS X SMA DHARMA PANCASILA

Tinambunan, Fetti Ferayanti (2024) PENGEMBANGAN MODUL HYPERCONTENT BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI GERAK HARMONIS SEDERHANA DI KELAS X SMA DHARMA PANCASILA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4172121006_Cover.pdf] Text
4172121006_Cover.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4172121006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4172121006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (578kB)
[thumbnail of 4172121006_Abstrak.pdf] Text
4172121006_Abstrak.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 4172121006_Kata_Pengantar.pdf] Text
4172121006_Kata_Pengantar.pdf

Download (579kB)
[thumbnail of 4172121006_Daftar_Isi.pdf] Text
4172121006_Daftar_Isi.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 4172121006_Daftar_Gambar.pdf] Text
4172121006_Daftar_Gambar.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 4172121006_Daftar_Tabel.pdf] Text
4172121006_Daftar_Tabel.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 4172121006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4172121006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4172121006_BAB_I.pdf] Text
4172121006_BAB_I.pdf

Download (607kB)
[thumbnail of 4172121006_BAB_II.pdf] Text
4172121006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[thumbnail of 4172121006_BAB_III.pdf] Text
4172121006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[thumbnail of 4172121006_BAB_IV.pdf] Text
4172121006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[thumbnail of 4172121006_BAB_V.pdf] Text
4172121006_BAB_V.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4172121006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4172121006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 4172121006_Lampiran.pdf] Text
4172121006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki 3 tujuan yakni: (1) mengembangkan modul hypercontent berbasis HOTS pada materi Gerak Harmonis Sederhana, (2) mengetahui kelayakan modul hypercontent berbasis HOTS pada materi Gerak Harmonis Sederhana, dan (3) mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap modul hypercontent berbasis HOTS pada materi Gerak Harmonis Sederhana. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X 2 SMA Dharma Pancasila Medan yang berjumlah 36 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan menggunakan model 4D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi dan ahli media, angket respon pendidik dan peserta didik terhadap modul fisika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. (1) Telah berhasil dikembangkan modul Hypercontent berbasis HOTS pada materi Gerak Harmonis Sederhana di SMA Dharma Pancasila Medan. (2) Kelayakan modul Hypercontent melalui validasi modul oleh ahli materi memperoleh persentase rata-rata sebesar 91% dan ahli media sebesar 93% dengan kategori sangat Layak (Valid). (3) Respon pendidik terhadap modul Hypercontent yang telah dikembangkan memperoleh persentase rata-rata sebesar 88% dengan kategori sangat Layak dan respon peserta didik terhadap modul Hypercontent melalui uji coba kelompok kecil dengan responden 6 orang siswa memperoleh persentase rata-rata sebesar 82% yang termasuk dalam kriteria sangat Baik. Sedangkan respon peserta didik melalui uji coba kelompok besar dengan responden 30 orang siswa memperoleh persentase rata-rata sebesar 90% dengan kriteria sangat Baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Modul; Hypercontent; High order thinking skills; Gerak harmonis sederhana; Sumber belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jun 2025 09:02
Last Modified: 24 Jun 2025 09:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60845

Actions (login required)

View Item
View Item