Tinambunan, Fetti Ferayanti (2024) PENGEMBANGAN MODUL HYPERCONTENT BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI GERAK HARMONIS SEDERHANA DI KELAS X SMA DHARMA PANCASILA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4172121006_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121006_Cover.pdf
Download (36kB)
![[thumbnail of 4172121006_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (578kB)
![[thumbnail of 4172121006_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121006_Abstrak.pdf
Download (64kB)
![[thumbnail of 4172121006_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121006_Kata_Pengantar.pdf
Download (579kB)
![[thumbnail of 4172121006_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121006_Daftar_Isi.pdf
Download (316kB)
![[thumbnail of 4172121006_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121006_Daftar_Gambar.pdf
Download (240kB)
![[thumbnail of 4172121006_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121006_Daftar_Tabel.pdf
Download (244kB)
![[thumbnail of 4172121006_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (34kB)
![[thumbnail of 4172121006_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121006_BAB_I.pdf
Download (607kB)
![[thumbnail of 4172121006_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (371kB)
![[thumbnail of 4172121006_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (292kB)
![[thumbnail of 4172121006_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (436kB)
![[thumbnail of 4172121006_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121006_BAB_V.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 4172121006_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (313kB)
![[thumbnail of 4172121006_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini memiliki 3 tujuan yakni: (1) mengembangkan modul hypercontent berbasis HOTS pada materi Gerak Harmonis Sederhana, (2) mengetahui kelayakan modul hypercontent berbasis HOTS pada materi Gerak Harmonis Sederhana, dan (3) mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap modul hypercontent berbasis HOTS pada materi Gerak Harmonis Sederhana. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X 2 SMA Dharma Pancasila Medan yang berjumlah 36 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan menggunakan model 4D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi dan ahli media, angket respon pendidik dan peserta didik terhadap modul fisika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. (1) Telah berhasil dikembangkan modul Hypercontent berbasis HOTS pada materi Gerak Harmonis Sederhana di SMA Dharma Pancasila Medan. (2) Kelayakan modul Hypercontent melalui validasi modul oleh ahli materi memperoleh persentase rata-rata sebesar 91% dan ahli media sebesar 93% dengan kategori sangat Layak (Valid). (3) Respon pendidik terhadap modul Hypercontent yang telah dikembangkan memperoleh persentase rata-rata sebesar 88% dengan kategori sangat Layak dan respon peserta didik terhadap modul Hypercontent melalui uji coba kelompok kecil dengan responden 6 orang siswa memperoleh persentase rata-rata sebesar 82% yang termasuk dalam kriteria sangat Baik. Sedangkan respon peserta didik melalui uji coba kelompok besar dengan responden 30 orang siswa memperoleh persentase rata-rata sebesar 90% dengan kriteria sangat Baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Modul; Hypercontent; High order thinking skills; Gerak harmonis sederhana; Sumber belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 09:02 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60845 |