Ayuhan, Dwitya (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PRAKTIKUM FISIKA SMA PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Undergraduate thesis, UNIMED.
4201121011_Cover.pdf
Download (63kB)
4201121011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (193kB)
4201121011_Abstrak.pdf
Download (242kB)
4201121011_Kata_Pengantar.pdf
Download (167kB)
4201121011_Daftar_Isi.pdf
Download (370kB)
4201121011_Daftar_Gambar.pdf
Download (200kB)
4201121011_Daftar_Tabel.pdf
Download (264kB)
4201121011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (266kB)
4201121011_BAB_I.pdf
Download (344kB)
4201121011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (543kB)
4201121011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (337kB)
4201121011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (328kB)
4201121011_BAB_V.pdf
Download (179kB)
4201121011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (246kB)
4201121011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan (1) Mengembangkan instrumen penilaian kinerja praktikum pada mata pelajaran Fisika Suhu dan Kalor di SMA Negeri 3 Kisaran, (2) Mengetahui tingkat kevalidan, reliabilitas dan kepraktisan penggunaan instrumen penilaian kinerja yang dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Kisaran dengan subjek penilitian yaitu guru dan siswa kelas XI Peminatan Fisika. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini di desain dengan model penelitian research and development (R&D), menggunakan model pengembangan instrumen ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan. Analisisa (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementasi), dan Evaluasi (Evaluation). Hasil uji validitas instrumen adalah 0.684, instrumen dinyatakan valid dengan nilai > 0,60 yang sesuai dengan standar Cohen’s Kappa. Hasil reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach memperoleh nilai reliabilitas 0.75, kedua instrumen dinyatakan reliabel karena berada pada rentang 0.60 a ≤ 0.80. Hasil angket respon guru terhadap kepraktisaan penggunaan instrumen penilaian kinerja sebesar 95.83% (Guru Fisika 1) dan 89.58% (Guru Fisika 2).
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Penilaian kinerja; Praktikum fisika; Suhu; Kalor; Laboratorium |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 24 Jun 2025 03:39 |
| Last Modified: | 24 Jun 2025 03:39 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60811 |
