Siahaan, Listar (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN USIA 5-6 TAHUN DI PAUD GLORIA KECAMATAN MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2015-2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 (1123371038)_COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2 (1123371038)_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
3 (1123371038)_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4 (1123371038)_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
5 (1123371038)_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6 (1123371038)_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7 (1123371038)_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8 (1123371038)_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
9 (1123371038)_BAB I.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
13 (1123371038)_BAB V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
14 (1123371038)_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu kemampuan berbicara anak masih rendah karena kurangnya kesempatan anak usia 5-6 untuk bermain dan belajar aktif melalui metode bermain peran di PAUD Gloria Kecamatan Medan Selayang Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain peran.
Kemampuan berbicara anak adalah kemampuan anak untuk mengekspresikan, menyatakan, serta menyampaikan ide, pikiran, gagasan, atau isi hati kepada orang lain dengan menggunakan bahasa lisan yang dapat dipahami oleh orang lain. Metode bermain peran merupakan jenis kegiatan bermain dan belajar aktif dimana anak memainkan peran dari tokoh yang dimainkannya untuk mengembangkan daya pikir dan melatih kemampuan anak dalam berbicara sesuai dengan tokoh diperankan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun (kelompok B) berjumlah 16 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan bericara anak. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase dan nilai rata-rata.
Hasil penelitian membuktikan adanya peningkatan kemampuan berbicara anak secara keseluruhan pada tiap siklusnya yaitu pada kondisi Pra Tindakan sebesar 52,78% (kurang), pada Siklus I meningkat menjadi 68,40% (cukup), dan pada Siklus II tercapai sebesar 85,76% (sangat baik) sehingga persentase kemampuan berbicara anak melalui metode bermain peran sudah melebihi tingkat keberhasilan yang ditetapkan yaitu ≥85%. Disimpulkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di PAUD Gloria Kecamatan Medan Selayang Tahun Ajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PLS 012 |
Keywords: | Anak usia 4-5 Tahun; Kemampuan Berbicara; Metode Bermmain Peran |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 04:43 |
Last Modified: | 14 Jul 2016 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6080 |