Putridiani, Siti Ativa (2016) KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR DALAM PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PKBM AL MANAR MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 (1113171029)_COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2 (1113171029)_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
3 (1113171029)_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4 (11113171029)_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5 (1113171029)_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
6 (1113171029)_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
7 (1113171029)_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
8 (1113171029)_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
9 (1113171029)_BAB I.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
13 (1113171029)_BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14 (1113171029)_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: tutor kurang memahami dalam membuat Program Semester dan tidak membuat Kalender Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kompetensi pedagogik tutor dalam perencanaan pembelajaran anak usia 4-5 tahun yang dibuat oleh tutor di PKBM Al-Manar Medan, dan (2) Mengetahui kompetensi pedagogik tutor dalam pelaksanaan pembelajaran anak usia 4-5 tahun yang dilakukan oleh tutor di PKBM Al-Manar Medan.
Metode yang digunakan adalah metode Kualitatif, informan dalam penelitian ini adalah 2 orang Tutor sebagai informan kunci. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan cara bersamaan dengan proses pengamatan yang tidak terlepas satu sama lain serta prediksi data dan membangun keabsahan penelitian. Untuk membangun keabsahan penelitian dilakukan dengan cara: (1) Kredibilitas, (2) Transferability, (3) Dependability, (4) Confirmability.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tutor masih kurang memahami dalam perencanaan pembelajaran. Melalui kompetensi pedagogik yang dimiliki, tutor mampu merencanakan pembelajaran yang dilakukan dengan menentukan tema dan sub tema, serta masih kurang paham dalam menyusun Prosem dan kalender pendidikan, sudah mampu membuat RPPM dan RPPH. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan sesuai dengan perencanaan pembelajaran dengan memperhatikan tema pembelajaran dalam kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PLS 014 |
Keywords: | Padagogik; PAUD; Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 04:36 |
Last Modified: | 14 Jul 2016 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6079 |