PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 124398 PEMATANGSIANTAR T.A 2023/2024

SITUMORANG, KRISTINA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 124398 PEMATANGSIANTAR T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202411015_Cover.pdf] Text
1202411015_Cover.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 1202411015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202411015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (893kB)
[thumbnail of 1202411015_Abstrak.pdf] Text
1202411015_Abstrak.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of 1202411015_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202411015_Kata_Pengantar.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 1202411015_Daftar_Isi.pdf] Text
1202411015_Daftar_Isi.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 1202411015_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202411015_Daftar_Gambar.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 1202411015_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202411015_Daftar_Tabel.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 1202411015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202411015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 1202411015_BAB_I.pdf] Text
1202411015_BAB_I.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of 1202411015_BAB_V.pdf] Text
1202411015_BAB_V.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 1202411015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202411015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (306kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan monopoli pada materi keragaman budaya Indonesia yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 124398 Pematangsiantar T.A 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Proses pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE dengan langkah-langkah analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 124398 Pematangsiantar yang berjumlah 20 orang. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah: 1) Hasil validasi dari penilaian ahli materi memperoleh nilai akhir 89,23% yang termasuk ke dalam kategori “Sangat layak”. Kemudian hasil validasi ahli media memperoleh nilai 93,33% dan termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. 2) Hasil kepraktisan media permainan monopoli juga menghasilkan nilai 95% yang menjadikan media ini “Sangat Praktis” digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. 3) Selanjutnya hasil efektivitas media dinilai melalui pretest dan post test yang dianalisis menggunakan N-gain dan memperoleh skor N-gain sebesar 0,71 dengan persentase N-Gain sebesar 71,06% yang dikategorikan memiliki nilai normalitas gain yang tinggi dengan tingkat keefektifan "Cukup Efektif.” Media permainan monopoli yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Permainan Monopoli, Budaya, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 01:33
Last Modified: 02 Jul 2025 01:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60788

Actions (login required)

View Item
View Item