PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA BAB V TOPIK B DI KELAS V SDN 101771 TEMBUNG

SINABUTAR, JESIKA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA BAB V TOPIK B DI KELAS V SDN 101771 TEMBUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202411016_Cover.pdf] Text
1202411016_Cover.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 1202411016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202411016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 1202411016_Abstrak.pdf] Text
1202411016_Abstrak.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 1202411016_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202411016_Kata_Pengantar.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 1202411016_Daftar_Isi.pdf] Text
1202411016_Daftar_Isi.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 1202411016_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202411016_Daftar_Gambar.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 1202411016_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202411016_Daftar_Tabel.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 1202411016_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202411016_Daftar_Lampiran.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 1202411016_BAB_I.pdf] Text
1202411016_BAB_I.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of 1202411016_BAB_V.pdf] Text
1202411016_BAB_V.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 1202411016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202411016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (271kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPAS di kelas
V, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT)
dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Game
Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa. Desain dalam penelitian ini
menggunakan desain pre-test dan posttest control group design. Populasi yang
digunakan dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 101771 Tembung
yang berjumlah 65 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V.
Instrumen dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar untuk materi IPAS Bab V
Topik B berbentuk soal pilihan berganda. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis data hasil belajar, normalitas, homogenitas, dan uji-t. Pada kelas
eskperimen rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe TGT meningkat sebesar 30,46 sedangkan kelas kontrol mengalami
kenaikan nilai rata-rata sebesar 19,55 dari rata-rata nilai pre-test. Sedangkan pada
uji-t hasil penelitian ini menunjukkan �ℎ����� = 8,67 dan ������ = 2,04. Dari data
tersebut dapat diketahui bahwa �ℎ����� > ������ , yaitu 8,67 > 2,04 , hal ini berarti
Ha diterima maka terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil beajar siswa pada mata pelajaran
IPAS materi Bab V Topik B di kelas V SDN 101771 Tembung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT), IPAS, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 01:36
Last Modified: 02 Jul 2025 01:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60734

Actions (login required)

View Item
View Item